Rest Area Akan Dilengkapi Hotel, Anak Usaha Jasa Marga Gandeng OHM

Rabu, 12 Januari 2022 - 13:58 WIB
loading...
Rest Area Akan Dilengkapi Hotel, Anak Usaha Jasa Marga Gandeng OHM
Pengembangan rest area di jalan tol terus dilakukan, dimana kali ini anak Usaha PT Jasa Marga Tbk, yakni PT Jasamarga Related Business (JMRB) menjalin kerja sama dengan Omega hotel Management (OHM). Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Pengembangan rest area di jalan tol terus dilakukan, dimana kali ini anak Usaha PT Jasa Marga Tbk, yakni PT Jasamarga Related Business (JMRB) menjalin kerja sama dengan Omega hotel Management (OHM). Kerja sama pengembangan rest area ini menyusul terbitnya Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Permen PUPR) No. 28 Tahun 2021 tentang Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) di Jalan Tol.

“Dengan adanya Peraturan Menteri PUPR tersebut, kualitas pelayanan bagi pengguna jalan tol dapat lebih ditingkatkan, karena rest area dapat dikembangkan dengan menambah fasilitas penunjang berupa sentra bisnis lokal atau daerah, area logistik, kawasan industri, hingga destinasi penunjang wisata, termasuk fasilitas inap,” ujar Direktur Utama PT JMRB, Cahyo Satrio Prakoso pada keterangan tertulisnya yang diterima MNC Portal, Rabu (12/1/2022).



Cahyo mengatakan, potensi pengembangan fasilitas inap di rest area saat ini masih dikaji lebih lanjut oleh PT JMRB dan OHM, dengan identifikasi awal untuk ruas jalan tol yang cocok dengan fasilitas inap ini adalah jaringan Jalan Tol Trans Jawa.

"Target utama kami tentu saja pengguna jalan dengan perjalanan menerus/jarak jauh, demi keamanan dan keselamatan perjalanan mereka.

Menurutnya selama ini para pengguna jalan tol membutuhkan fasilitas inap untuk melakukan perjalanan dari Jakarta atau bahkan Merak menuju Semarang atau Surabaya serta sebaliknya. Sehingga mereka harus keluar jalan tol terlebih dahulu baru menemukan hotel terdekat.

Sambung Cahyo menambahkan, selain kondisi Jalan Tol Trans Jawa yang panjang dan ramai, 85% rest area jalan tol yang dikelola oleh PT JMRB juga terletak di jaringan Jalan Tol Trans Jawa sehingga potensi pengembangan fasilitas inap ini juga semakin terbuka.

"Namun tidak menutup kemungkinan bila nantinya dibutuhkan di rest area kami di Jalan Tol Luar Jawa," tambahnya.



Menurutnya PT JMRB membutuhkan mitra atau rekan strategis yang dapat bekerja sama dengan saling memanfaatkan potensi sumber daya yang dimiliki oleh masing-masing pihak, salah satunya adalah OHM di bawah naungan Alfaland Group.

Sebagai informasi OHM merupakan local hotel operator yang telah mengelola 17 hotel dengan beragam brand (Grand Cordela, Cordela Hotel, Cordela Inn, Cordex & Alfa Resort) yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia, mulai dari Bandung (Soekarno Hatta), Cirebon (Cipto Mangunkusumo), Puncak (Cisarua), Jakarta (Ancol dan Senen), Medan (H. M. Yamin, AR. Hakim, Millennium ICT Center), Kuningan (Siliwangi), Yogyakarta (Malioboro), Pangkalpinang (Hamidah), Palembang (R. Sukamto), Pekanbaru (KH. Wahid Hasyim), Bengkulu (Jenderal Sudirman), Sidoarjo (KH. Ali Mas’ud), Solo (Jebres) dan Palembang (Malaka).

(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2009 seconds (0.1#10.140)