Sri Mulyani Punya Formula Bangkitkan Perekonomian Bali

Senin, 17 Januari 2022 - 22:14 WIB
loading...
Sri Mulyani Punya Formula Bangkitkan Perekonomian Bali
Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mempunyai cara untuk membangkitkan perekonomian Bali yang terdampak Pandemi Covid-19. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Menteri Keuangan atau Menkeu Sri Mulyani Indrawati mempunyai cara untuk membangkitkan perekonomian Bali yang terdampak Pandemi Covid-19. Menurutnya diversifikasi pasar bisa menjadi pilihan bagi Provinsi Bali untuk mendukung perekonomiannya, seperti sektor pertanian, seiring tingginya permintaan pasar dunia untuk produk pertanian organik.

“Bali memiliki potensi besar dengan adanya sistem subak dan potensi lahan untuk pertanian organik sebagai potensi diversifikasi. Dengan berbagai upaya tersebut, UMKM tidak hanya bisa bertahan pada situasi pandemi, namun bahkan bisa bangkit kembali,” ujar Menkeu Sri Mulyani di Jakarta, Senin (17/1/2022).

Baca Juga: Sindir Kepala Daerah Soal APBD, Sri Mulyani: Ketika Presiden Mau Ngegas, Anda Ngerem!

Mantan Direktur Bank Dunia itu melihat bahwa pandemi Covid-19 memberi pelajaran sehingga kedepannya perekonomian Bali tak boleh hanya bergantung pada sektor pariwisata .

"Peran UMKM, termasuk usaha ultra mikro, mencapai 64,2 juta dengan kontribusi sebesar 61,07 persen terhadap produk domestik bruto (PDB) Indonesia. Selain itu, UMKM mampu menyerap 97 persen total tenaga kerja dan sekitar 60 persen dari total investasi di Indonesia," katanya.

Sri Mulyani juga mengungkapkan pemerintah memberikan berbagai bantuan yang bersumber dari APBN kepada UMKM, seperti melalui bantuan subsidi bunga, pembiayaan Ultra Mikro (UMi), dan penjaminan pinjaman sehingga bank berani memberikan pinjaman bagi UMKM di tengah kondisi pandemi.



“Pemerintah juga memberikan technical assistance, misalnya Ditjen Pajak dan Ditjen Bea Cukai membantu UMKM melalui unit teknis untuk menembus pasar ekspor,” kata Menkeu.

Baca Juga: Menparekraf Ingin Bangkitkan Ekonomi Bali lewat Sport Tourism Event

Saat ini, Pusat Investasi Pemerintah (PIP) yang merupakan Badan Layanan Umum (BLU) Kementerian Keuangan menjadi salah satu lembaga yang mendukung perkembangan usaha ultra mikro di Indonesia.

PIP ikut serta dalam upaya menggerakkan ekonomi di sektor mikro dan ultra mikro agar bisa meningkat dan berkembang. Harapannya, berbagai bantuan yang diberikan pemerintah mampu mendukung pelaku UMKM bisa terus tumbuh dan melakukan ekspansi hingga ke pasar global.

(akr)
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1546 seconds (10.177#12.26)