Realisasi Penjaminan KUR Jamkrindo Tembus Rp130,3 Triliun di 2021

Selasa, 18 Januari 2022 - 22:22 WIB
loading...
Realisasi Penjaminan KUR Jamkrindo Tembus Rp130,3 Triliun di 2021
Realisasi penjaminan KUR Jamkrindo meningkat di 2021. FOTO/Shutterstock
A A A
JAKARTA - Jamkrindo berhasil merealisasikan penjaminan Kredit Usaha Rakyat (KUR) sebesar Rp 130,3 triliun di 2021 naik dari tahun sebelumnya sebesar Rp 90,4 triliun. Program KUR yang digulirkan pemerintah merupakan langkah strategis memperkuat kemampuan permodalan usaha dalam rangka pelaksanaan kebijakan percepatan pengembangan sektor riil dan pemberdayaan UMKM.

"Kami berterima kasih karena telah dipercaya terlibat dalam program KUR pemerintah," ujar Direktur Utama Jamkrindo Putrama Wahju Setyawan di acara serah terima penghargaan di ajang KUR Award yang diselenggarakan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian (Kemenko Perekonomian), di Jakarta, Selasa (18/1/2022).



Hadir dalam gelaran acara tersebut, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto Dan beberapa menteri lainnya di antaranya Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, dan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo.

Wahju mengapresiasi komitmen pemerintah melakukan pengembangan UMKM dengan berbagai bauran kebijakan termasuk salah satunya program KUR. Penghargaan tersebut memotivasi perusahaan untuk senantiasa berinovasi memberikan layanan yang prima kepada segenap stakeholders yang terlibat dalam program KUR baik perbankan, perusahaan pembiayaan, ataupun Lembaga keuangan lain.

Dalam kesempatan itu, Jamkrindo meraih penghargaan sebagai perusahaan penjamin KUR terbaik 1 tahun 2021. Penghargaan tersebut diberikan langsung oleh Teten Masduki.

"Penghargaan tersebut memotivasi kami untuk senantiasa berinovasi secara prudent dalam memberikan layanan yang prima bagi UMKM," kata dia.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto berharap dengan adanya program KUR, UMKM semakin termotivasi untuk maju. "Tahun 2022, pemerintah telah menaikkan plafon KUR menjadi Rp373,17 triliun, dengan kenaikan ini harapannya UMKM betul-betul dapat termotivasi," kata dia.



Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mendorong Jamkrindro bisa terus menjembatani UMKM untuk memperoleh akses kepada lembaga keuangan. Peran perusahaan penjaminan kredit sangat penting sehingga bank penyalur berani dan lebih progresif memberikan pinjaman kepada UMKM.

"Apalagi banyak UMKM terkendala dari segi kecukupan collateral. Maka itu ke depan penjaminan harus semakin progresif mendampingi penyaluran KUR," kata Teten.

Sebagai informasi, sejak 2018 hingga 2022 Jamkrindo secara berturut-turut didapuk sebagai penjaminan KUR terbaik. KUR Award adalah penghargaan bagi pemerintah daerah penyalur, penjamin, dan pendukung program KUR terbaik untuk memotivasi pemerintah daerah, penjamin, dan pendukung program KUR agar berperan serta membantu pemerintah dalam penyaluran KUR.

(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2597 seconds (0.1#10.140)