Diskon PPnBM 100% Hanya untuk Mobil Ini, Potongan Harganya Lumayan

Sabtu, 22 Januari 2022 - 11:00 WIB
loading...
Diskon PPnBM 100% Hanya untuk Mobil Ini, Potongan Harganya Lumayan
Diskon PPnBM DTP 100% diterapkan untuk LCGC. FOTO/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Pemerintah menerapkan diskon PPnBM DTP 100% untuk jenis Low Cost Green Car (LCGC). Imbas diskon tersebut beli mobil mendapatkan potongan harga .

Seperti misalnya, harga mobil Daihatsu Ayla dan Sigra dikabarkan mengalami penurunan hingga Rp 3 juta-Rp 4 juta di awal tahun ini. Sebelumnya, mobil-mobil yang masuk program KBH2 itu dikenakan pajak barang mewah 3%.

Baca Juga: Simak Beda PPnBM di 2022 dan Mobil Apa Saja yang Dapat Diskon Pajak

Marketing CR Division Head Astra International, Daihatsu Sales Operation (AI-DSO) Hendrayadi Lastiyoso mengatakan bahwa diskon PPnBM 100% ini bisa mendongkrak permintaan konsumen di pasar otomotif Indonesia.

"Terlebih, Ayla dan Sigra merupakan merek yang penjualannya terlaris. Kami berharap, relaksasi PPnBM DTP pada segmen LCGC dapat mendorong penjualan mobil ramah lingkungan dan menggairahkan pasar mobil di awal tahun 2022 ini," ujar Hendrayadi melalui pernyataan tertulis, di Jakarta, Sabtu (22/1/2022).

Pemerintah tidak hanya memberi diskon PPnBM pada LCGC saja. Namun diskon PPnBM juga akan berlaku pada mobil yang harganya di bawah Rp250 juta. Kendati demikian, tak semua jenis mobil yang harganya di bawah Rp 250 juta masuk ke dalam daftar.



Baca Juga: Cara Menghitung PPnBM Mobil, Ini Rumusnya

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto sebelumnya mengatakan bahwa diskon tersebut hanya berlaku sampai kuartal II 2022. Rinciannya, pemerintah akan mengurangi insentif menjadi 2% ditanggung pemerintah, pada kuartal III menjadi 1% ditanggung pemerintah, dan pada kuartal IV, tarif PPnBM akan kembali normal.

"Adapun untuk kendaraan dengan harga Rp 200-250 juta dengan tarif PPnBM 15%, pemerintah akan menanggung 50% pajak sampai kuartal I. Pada kuartal II sudah membayar full," kata Airlangga.

(nng)
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2107 seconds (10.177#12.26)