5 Kunci Menuju Perusahaan Sukses di Masa Depan

Minggu, 23 Januari 2022 - 20:13 WIB
loading...
5 Kunci Menuju Perusahaan Sukses di Masa Depan
Transformasi digital jadi salah satu kunci sukses dunia usaha di masa depan. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Managing Director Oracle Indonesia Davian Omas mencatat, setidaknya ada lima kunci utama yang diperlukan sebuah perusahaan dalam menciptakan kesuksesan di masa depan. Pertama menurut statistik, organisasi di seluruh dunia akan menghabiskan USD1,78 triliun untuk cloud dan inisiatif “ transformasi digital ” lainnya di tahun 2022.

Baca juga: Sambut 2022, Transformasi Digital Peruri Bakal Lebih Matang

Pergeseran ke komputasi awan atau cloud, termasuk teknologi otonom itu sangat penting. Di sektor swasta, sudah ada satu atau lebih digital cloud-centric di setiap industri, baik itu ritel, media, hiburan, perjalanan, pendidikan, logistik, layanan keuangan, perawatan kesehatan, elektronik konsumen, atau transportasi.

Semakin banyak kita mendengar dari pelanggan tentang cloud yang telah meringankan pekerjaan teknis, seperti untuk keamanan sistem, pemeliharaan dan lainnya, sehingga mereka akan dapat lebih fokus pada pengembangan produk dan layanan digital yang unik dan menguntungkan.

Selain itu, sudah jelas bahwa cloud adalah fasilitator bisnis berbasis data, yang menghadirkan alat baru (kecerdasan buatan) AI dan mengadakan pembelajaran mesin (ML) dengan hanya menggunakan ujung jari namun dapat membawa perubahan signifikan pada bisnis.

Kedua Machine Learning (ML) dan Artifical Inteligent (AI) akan menjadi kompetensi inti bagi perusahaan digital terkemuka. Dengan besarnya data yang ada saat ini, perusahaan terus tenggelam dalam data, algoritme ML dan AI di lain sisi menjadi penyelamat, membantu perusahaan menganalisa dan terus mengambil pelajaran dari data tersebut untuk meningkatkan pengambilan keputusan serta menginformasikan berbagai tindakan selanjutnya. Sehingga yang diperlukan adalah keterampilan.



Ketiga pelanggan dan pihak lain akan mengevaluasi perusahaan melalui lensa keberlanjutan (sustainability). Saat pelanggan membeli barang dan jasa, mengukur calon pemberi kerja dan bahkan berinvestasi di saham, orang-orang dari segala usia akan semakin mengevaluasi rekam jejak dan komitmen keberlanjutan perusahaan.

Sebab perusahan akan diminta bertanggung jawab untuk mengurangi emisi karbon. Untuk itu beralih ke sumber energi terbarukan, mengalihkan limbah dari tempat pembuangan sampah, menjadi praktik terbaik lingkungan lainnya.

Keempat pengusaha yang tidak menyesuaikan pengembangan karier dan praktik perekrutan karyawan dengan dunia pascapandemi akan tertinggal dari perusshaan yang melakukannya.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3587 seconds (11.252#12.26)