Kenalan dengan DME yuk, Bun! Calon Pengganti LPG Buat Masak di Dapur

Senin, 24 Januari 2022 - 23:31 WIB
loading...
Kenalan dengan DME yuk, Bun! Calon Pengganti LPG Buat Masak di Dapur
Presiden Jokowi (kanan) melihat proses memasak menggunakan kompor dengan tabung gas DME hasil gastifikasi batu bara di Kecamatan Muara Enim, Sumatera Selatan, Senin (24/1/2022). Foto/Setpres RI
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan peletakan batu pertama proyek hilirisasi batu bara ke Dimetil Eter (DME) di Kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan, Senin (24/1/2022). DME disebut-sebut akan menjadi pengganti LPG, termasuk untuk keperluan rumah tangga seperti memasak di dapur.

Harga LPG kian mahal sehingga harus ada alternatif lain yang harganya lebih terjangkau. Menurut Jokowi, pemerintah menggelontorkan subsidi LPG berkisar Rp60-70 triliun. Jika nantinya semua pengguna LPG beralih ke DME, uang subsidi jumbo tersebut tentu bisa dialihkan untuk kebutuhan lain.



Lantas, sebenarnya apa DME itu? Mengutip laman Badan Litbang Kementerian ESDM, Senin (24/1/2022), DME memiliki kemiripan dengan komponen LPG, yaitu terdiri atas propan dan butana, sehingga DME bisa diterapkan serupa layaknya LPG.

DME berasal dari berbagai sumber, baik bahan bakar fosil maupun yang dapat diperbaharui. Dalam hal ini, pemerintah berupaya menggunakan batu bara untuk dijadikan DME.



DME merupakan senyawa bening yang tidak berwarna, ramah lingkungan dan tidak beracun, tidak merusak ozon, tidak menghasilkan particulate matter (PM) dan NOx, tidak mengandung sulfur, mempunyai nyala api biru, memiliki berat jenis 0,74 pada 60/60oF.

DME pada kondisi ruang yaitu 250C dan 1 atm berupa senyawa stabil berbentuk uap dengan tekanan uap jenuh sebesar 120 psig (8,16 atm). DME ini mempunyai kesetaraan energi dengan LPG berkisar 1,56-1,76 dengan nilai kalor DME sebesar 30,5 dan LPG 50,56 MJ/kg.



Pada mulanya DME digunakan sebagai sebagai solvent, aerosol propellant, dan refrigerant. Namun saat ini, DME sudah banyak digunakan sebagai bahan bakar kendaraan, rumah tangga, dan genset.
(ind)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1631 seconds (0.1#10.140)