Ekonom: Digitalisasi Keuangan Ekosistem Ekonomi di Ibu Kota Baru

Selasa, 25 Januari 2022 - 16:00 WIB
loading...
Ekonom: Digitalisasi Keuangan Ekosistem Ekonomi di Ibu Kota Baru
Ekonom Bank Permata Joshua Pardede dalam Indonesia Economic Outlook oleh HIPMI, Selasa (25/1/2022). Foto/Azfar M
A A A
JAKARTA - Kemajuan digitalisasi dan tren keuangan digital yang terus meningkat dinilai dapat mendorong pertumbuhan ekonomi di ibu kota baru, Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan.

Hal itu diungkapkan Ekonom Bank Permata Joshua Pardede dalam Indonesia Economic Outlook oleh HIPMI, Selasa (25/1/2022). Joshua mengatakan, sektor keuangan akan tumbuh berjalan di tahun 2022 akan lebih terdesentralisasi dengan adanya keuangan hingga perbankan digital.



"Kita mendukung. Kenapa enggak? Selama bottom line-nya ekonomi akan terus tumbuh, bahwa dengan adanya pertumbuhan keuangan berbasis digital, perbankan tak perlu buka cabang atau ATM, kan sekarang sudah banyak digital banking, semua sudah lebih mudah," kata Joshua.

Joshua mengatakan, perbankan akan tetap tumbuh secara efisien dan bisa lebih mendukung segala percepatan yang mengikuti segala aturan dan regulasi pemerintah.

"Perbankan akan tetap supportif mendukung pertumbuhan ekonomi ke depannya, dan keuangan akan tumbuh efisien dan suku bunga akan tetap turun dan tetap lebih supportif dalam menciptakan ekosistem ekonomi, keuangan dan perbankan di ibu kota baru," tambahnya.



Joshua menyimpulkan, jika ekosistem keuangan dibangun di ibu kota baru tidak akan ada masalah melihat tren konvensional dan digital yang bersaing secara kompetitif.

"Saya kira tak ada masalah atas dua skema ini, yang penting digitalisasi perbankan terus mengikuti kemajuan untuk lebih ingklusif dan transparan lagi," pungkasnya.
(fai)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1210 seconds (0.1#10.140)