Kenaikan TDL tak pengaruhi inflasi

Senin, 27 Agustus 2012 - 15:33 WIB
Kenaikan TDL tak pengaruhi inflasi
Kenaikan TDL tak pengaruhi inflasi
A A A
Sindonews.com - Pengamat ekonomi yang juga anggota Komite Ekonomi Nasional (KEN) Aviliani memandang, kenaikan tarif dasar listrik (TDL) murni untuk investasi bisnis PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) sehingga tidak berhubungan dengan kenaikan bahan bakar minyak (BBM).

"Jadi kalau TDL, nggak akan kena impact inflasi double dibandingkan BBM. Kalau TDL inflasinya nggak separah BBM," terangnya saat ditemui wartawan usai menghadiri acara halal bihalal DK-OJK dengan seluruh kalangan lembaga keuangan Perbankan maupun Non-Bank di kantor Kementrian Keuangan, Senin (27/8/2012).

Oleh karena itu dirinya berpendapat, kenaikan TDL tersebut tidak akan mempengaruhi jumlah kuota subsidi BBM yang diberlakukan pemerintah. "Menurut saya tidak berdampak pada inflasi yang tinggi, jadi nggak ada masalah. Subsidi itu bisa dialihkan pada yang lain," sambungnya.

Namun dirinya mengutarakan, pemerintah sebaiknya memberlakukan rencana menaikkan TDL sebesar 10 persen hanya untuk masyarakat dengan tingkat ekonomi menengah ke atas. "Penting ya segmen kelas bawah tidak dinaikkan, hanya kelas menegah dan atas," tukasnya.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6307 seconds (0.1#10.140)