alexametrics

Bulog serap gabah 170 ribu ton

loading...
Bulog serap gabah 170 ribu ton
ilustrasi Foto: Darwiyati/Koran Sindo
A+ A-
Sindonews.com – Bulog Sub Divre III Bojonegoro telah menyerap gabah dan beras dari petani sebanyak 170 ribu ton pada musim panen tahun 2012. Penyerapan itu melebihi target yang ditetapkan semula yakni 132 ribu ton setara beras.

Penyerapan gabah dan beras dari petani tahun ini juga meningkat bila dibandingkan dengan tahun 2011 yang hanya mencapai 60 ribu ton setara beras. Saat itu, pihak Bulog Sub Divre III Bojonegoro mentargetkan penyerapan gabah dan beras sebanyak 105 ribu ton. Terjadinya gagal panen padi dan paceklik menyebabkan penyerapan gabah dan beras menurun drastis saat itu.

Kepala Bulog Sub Divre III Bojonegoro, Damin Hartono Roestam, mengatakan, penyerapan gabah dan beras tahun ini melebihi target. Penyerapan gabah dan beras hasil panen itu berasal dari wilayah Bojonegoro sebanyak 63 ribu ton, Lamongan sebanyak 51 ribu ton, dan Tuban sebanyak 56 ribu ton.



“Penyerapan gabah dan beras tahun ini naik sekitar 300 persen dibandingkan tahun 2011,” ujar Damin Hartono Roestam, Kamis (30/8/2012).

Gabah dan beras itu kini disimpan di gudang Bulog di Desa Sudu, Kecamatan Kalitidu, Kabupaten Bojonegoro. Stok gabah dan beras itu selain disediakan untuk cadangan beras untuk raskin, juga memasok kebutuhan beras di luar Pulau Jawa.

Kebutuhan stok beras untuk penyaluran raskin mencapai 4.800 ton per bulan. Rinciannya, penyaluran beras raskin untuk Bojonegoro mencapai 2 ribu ton per bulan, penyaluran beras raskin untuk Tuban mencapai 1.500 ton per bulan, dan penyaluran beras raskin untuk Lamongan mencapai 130 ton per bulan.

Selain simpanan di gudang Bulog, gabah dan beras hasil panen padi tahun ini juga banyak tersimpan di tempat penggilingan dan lumbung milik masyarakat. Hasil panen padi tahun ini cukup berhasil sehingga membuat persediaan pangan melimpah. Sebagian gabah dan beras hasil panen itu dijual oleh petani. Namun, selebihnya disimpan untuk cadangan hingga musim panen tahun depan.
(and)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak