100.000 Tentara Rusia di Perbatasan Ukraina, Bagaimana Nasib Harga Gas di Inggris?

Kamis, 27 Januari 2022 - 08:17 WIB
loading...
100.000 Tentara Rusia di Perbatasan Ukraina, Bagaimana Nasib Harga Gas di Inggris?
Lonjakan harga energi telah menjadi masalah di Inggris dan seluruh Eropa, tetapi ketegangan geopolitik mengancam bakal memperburuk situasi. Ketika sekitar 100.000 tentara Rusia berkumpul di perbatasan dengan Ukraina. Foto/Dok
A A A
LONDON - Lonjakan harga energi telah menjadi masalah di Inggris dan seluruh Eropa, tetapi ketegangan geopolitik mengancam bakal memperburuk situasi. Ketika sekitar 100.000 tentara Rusia berkumpul di perbatasan dengan Ukraina, ada kekhawatiran bahwa Vladimir Putin siap untuk memerintahkan invasi.

Melonjaknya harga gas telah menyebabkan sejumlah pemasok energi Inggris mengalami kebangkrutan dan kekurangan pasokan menjadi hal terakhir yang dihindari. Lalu pertanyaannya apakah ketegangan di perbatasan Rusia-Ukraina bakal mendorong harga gas Inggris ?

Baca Juga: Inggris Mulai Tarik Staf dari Kedubes di Ukraina, Perang di Depan Mata?

Tidak secara langsung. Dimana sumber pasokan Inggris sangat sedikit yang berasal dari Rusia yang tercatat hanya kurang dari 5%. Namun lain halnya dengan Uni Eropa (UE), yang mendapat sekitar setengah dari pasokan gasnya berasal dari Rusia.

Setiap upaya Rusia untuk merebut wilayah Ukraina kemungkinan akan mendorong sanksi ekonomi oleh kekuatan Barat. Sebagai respons, Rusia diperkirakan bakal menggunakan sumber daya alamnya sebagai senjata dengan memangkas pasokan gas ke Eropa.

Akibatnya biaya pengiriman akan meroket, hingga membuat kenaikan harga meluas. Di antara kemungkinan sanksi, ada pembicaraan untuk mengecualikan Rusia dari sistem pembayaran lintas batas, yang berarti bahwa negara-negara Eropa akan mengalami kesulitan untuk membeli gas Rusia.



Jadi Dari Mana Inggris Mendapatkan Gasnya?

Sekitar setengah dari pasokan gas Inggris berasal dari domestik, yakni dari Laut Utara. Inggris telah menjadi produsen gas besar sejak pertengahan 1960-an, tetapi produksinya terus turun sejak tahun 2000 seiring dengan penggunaan terus meningkat.

Lalu sepertiga gas Inggris datang melalui pipa dari Norwegia. Sisanya hampir seluruhnya terdiri dari impor gas alam cair (LNG), yang tiba di Inggris melalui jalur laut dari negara-negara seperti Qatar, AS (Amerika Serikat) dan bahkan Trinidad serta Tobago.
Halaman :
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3219 seconds (11.252#12.26)