Terima Ganti Untung dari Pertamina, Mengelola Keuangan Penting Bagi Warga Tuban

Kamis, 03 Februari 2022 - 10:24 WIB
loading...
Terima Ganti Untung dari Pertamina, Mengelola Keuangan Penting Bagi Warga Tuban
Mendapat ganti untung miliaran rupiah dari pembebasan lahan untuk proyek kilang minyak Pertamina-Rosneft, kemampuan mengelola keuangan menjadi sangat penting bagi warga Tuban. Foto/Dok
A A A
TUBAN - Mendapat ganti untung miliaran rupiah dari pembebasan lahan untuk proyek kilang minyak Pertamina-Rosneft , kemampuan mengelola keuangan menjadi sangat penting bagi warga Tuban . Pakar ekonomi dan bisnis Universitas Gadjah Mada (UGM) Profesor Mudrajad Kuncoro menerangkan, warga Kecamatan Jenu Kabupaten Tuban yang menerima penggantian lahan memang harus bisa mengelola uang yang diterima dalam jumlah besar.

“Bagus itu. Itu artinya, warga bisa mengelola keuangan. Mereka mengalokasikan uang yang diterima untuk bisnis produktif,” kata Mudrajad kepada media, Rabu (2/2/2022).



Menurut Mudrajad, kemampuan mengelola keuangan tidak hanya meningkatkan kemakmuran warga. Lebih dari itu, juga bisa menggerakkan perekonomian secara berkelanjutan.

Dalam konteks itu pula, Mudrajad menilai positif upaya Pertamina yang sebelum memberikan uang penggantian, terlebih dahulu memberikan pendampingan dan pelatihan pengelolaan keuangan kepada warga Kecamatan Jenu.

Apalagi, dalam pendampingan manajemen keuangan tersebut, Pertamina juga menggandeng LPPM Universitas Airlangga. “Bimbingan Pertamina tersebut tepat. Apalagi, mengajak perguruan tinggi untuk bekerja sama,” kata Mudrajad.

Dan untuk ke depan, lanjutnya bisa saja pendampingan di tempat lain dilakukan dengan melibatkan UKM Desa dan Bumdeas supaya lebih optimal. “Karena ke depan, yang dibutuhkan, supaya warga bisa jadi entrepreuner dan sociopreneur. Caranya, bahwa uang penggantian lahan bisa untuk membuka awal bisnis dan modal usaha mereka,” jelas Mudrajad.

Terkait warga Kecamatan Jenu yang bertambah kaya setelah menerima uang penggantian dari Pertamina, dibenarkan Kepala Desa Beji, Kecamatan Jenu, Arifin. Dia mengatakan, warga desanya kini hidup makmur dan memiliki tempat tinggal yang semakin bagus dari sebelumnya. “Malah rumah semakin bagus,” ujar Arifin.

Pernyataan Arifin, semakin mematahkan informasi yang sempat beredar, yang menyebutkan bahwa warga ' Kampung Miliarder ' kembali jatuh miskin. Menurut Arifin, informasi tersebut memang tidak benar. Hal ini didasarkan pengamatannya bahwa kehidupan warga di desa Beji justru semakin kaya dan meningkat kesejahteraannya.

Sebelumnya, bantahan bahwa warga kembali miskin, juga disampaikan Kepala Desa Sumurgeneng, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban, Gianto. “Sekarang ini kondisi warga malah tambah bagus. Tidak seperti diberitakan di televisi. Kalau ada yang demo-demo, itu bukan warga saya,” kata Gianto.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3191 seconds (0.1#10.140)