Heboh Pesawat Susi Air Diusir Satpol PP, Ternyata Segini Harga Sewa Hanggarnya

Selasa, 08 Februari 2022 - 08:05 WIB
loading...
Heboh Pesawat Susi Air Diusir Satpol PP, Ternyata Segini Harga Sewa Hanggarnya
Pesawat Susi Air saat diusir dari Hanggar Malinau oleh Pemda setempat. FOTO/IST
A A A
JAKARTA - PT ASI Pudjiastuti Aviation atau Susi Air buka-bukaan soal biaya harga sewa hanggar untuk pesawat rintisannya yang baru-baru ini heboh diusir dari Hanggar Bandara RA Bessing, Malinau, Kalimantan Utara. Biaya sewa hanggar sebesar Rp 33 juta per bulan kepada Pemerintah daerah (Pemda) Malinau.

Kuasa Hukum Susi Air Donal Fariz membeberkan buntut pengusiran dari Hanggar Malinau tersebut telah mengakibatkan sejumlah kerugian yang dikalkulasikan Susi Air telah mencapai Rp8,9 miliar.

"Dampak dari penggusuran kemarin tentu kita sangat dirugikan, mulai dari kerugian adanya cancel schedule, yang kalau kita kalkulasikan secara total ada di angka Rp8,9 miliar," kata Kuasa Hukum Susi Air Donal Fariz saat konferensi pers secara virtual, Jumat (4/2/2022).



Rinciannya untuk jenis penerbangan pesawat yang banyak dilakukan operasional di kawasan tersebut adalah pesawat yang memliki pembatalan penerbangan Masamba, Palangkaraya dan Malinau Caravan atau penerbangan dengan jenis maskapai Cessna C208B Grand Caravan.

"Untuk harga sewa hanggar kami menyewa Rp33 juta per bulan namun untuk harga sewa atau harga pesawat yang digunakan kami tidak mengetahui itu di luar materi kuasa hukum dan somasi," kata dia.

Tak hanya itu, pihak Susi Air menyatakan telah menyediakan anggaran untuk extra pay pilot dalam kondisi tertentu atas pengusirannya oleh satuan Pol PP dari Hanggar. Berdasarkan hasil penelurusan MNC PORTAL, untuk harga jual maskapai Cessna C208B Grand Caravan berkisar sekitar harga USD 2,5- USD 2,6 juta per unit.

Sementara itu, dari laman resmi Susi Air, maskapai perintis ini telah mengoperasikan 49 armada pesawat yang terdiri dari 32 Cessna Grand Caravan C208B, 9 Pilatus PC-6 Turbo Porter, 3 Piaggio P180 Avanti II, 1 Air Tractor AT802 Fuel Hauler, 1 Piper Archer PA-28 dan 1 LET 410 untuk pesawat sayap tetap.

"Untuk biaya sewa maskapai charter penerbangan Cessna C208B Grand Caravan rute Malinau dengan rute penerbangan tujuan Long Bawang-Malinau atau sebaliknya adalah Rp 376.100, untuk rute Long Agung-Malinau atau sebaliknya Rp 388.000, dan Rute Nunukan-long Ayu Rp 455.100 dan Binuan- Nunukan Rp 455.100 dan rute sebalinya di harga Rp 43.100," dikutip dari media sosial susi Air.



Sebagai informasi, saat ini Susi Air tengah menempuh langkah hukum atas pelanggaran pidana yang dilakukan oleh pejabat atas tindakan sewenang-wenang dan sudah melayangkan somasi kepada Pemerintah daerah Malinau atas kerugiannya.

(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2060 seconds (0.1#10.140)