Jejak Miliarder Teknologi Asal Indonesia, Otto Toto Sugiri Punya Kekayaan Rp35,77 Triliun

Jum'at, 11 Februari 2022 - 17:14 WIB
loading...
A A A
Salah satu tanda kepercayaan investor adalah harga saham DCI. Setelah listing pada Januari, sahamnya telah naik sekitar 11.000% hingga saat ini menjadi 44.000 rupiah baru-baru ini. Dengan nilai USD7 miliar, DCI sekarang menjadi salah satu perusahaan paling berharga di bursa saham Indonesia berdasarkan kapitalisasi pasar.

Sugiri dan dua pendiri lainnya telah menjadi miliarder berdasarkan saham mereka di perusahaan—menjadi tiga dari empat entri baru dalam daftar 50 Orang Terkaya di Indonesia tahun 2021. Kenaikan saham yang meroket membuat bursa Indonesia sempat menghentikan perdagangan saham DCI sebanyak lima kali di 2021, bahkan meluncurkan investigasi pada bulan Juni.

Sugiri mengatakan, bursa telah membebaskan perusahaan dan pemegang saham pendiri dari kesalahan apapun. Bursa menolak untuk mengomentari penyelidikan sebagai bagian dari kebijakan. Sugiri yakin keuntungan itu sebagian karena permintaan investor yang besar mengejar sejumlah kecil saham yang ditawarkan.

Keberhasilan DCI telah menarik beberapa kompetisi kelas berat. Pada bulan Mei, grup Triputra milik miliarder Theodore Rahmat mengatakan, bahwa pihaknya bekerja sama dengan ST Telemedia dan Temasek dari Singapura untuk mendapatkan pusat data online 72MW pada akhir tahun 2023.

Pada bulan November, grup bisnis Sinar Mas, yang didukung oleh keluarga kuat Widjaja, mengumumkan bahwa mereka bermitra dengan Grup 42 Abu Dhabi untuk membangun pusat data 1.000 MW lokal (tidak ada tanggal yang diberikan untuk pembukaannya).

Grup properti terkemuka di Indonesia, Ciputra, juga telah menyatakan minatnya untuk memasuki industri pusat data, tetapi belum mengungkapkan rencana spesifik apa pun. Perusahaan internasional dan domestik lainnya yang sudah ada di pasar telah mengumumkan niat mereka untuk berekspansi.

Sugiri tetap tidak terpengaruh oleh persaingan yang muncul ini. “Pusat data di Indonesia akan menjadi lebih kritis karena perusahaan teknologi dan internet global besar melihat pentingnya lebih dekat dengan penggunanya,” katanya.

“Target kami saat ini tetap menjadi pemain terbesar di Indonesia. Ini adalah taman bermain kami.”

Sugiri berbicara soal pengalamannya lebih dari empat dekade di industri teknologi Indonesia. Setelah mendapatkan gelar sarjana teknik elektro dan master teknik komputer dari RWTH Aachen University Jerman, ia kembali ke Indonesia pada tahun 1980 yang awalnya untuk merawat ibunya yang sakit, yang kemudian meninggal dunia.

Dia kemudian tinggal di Indonesia untuk melakukan berbagai pemrograman lokal, seperti menulis perangkat lunak rekayasa untuk perusahaan minyak atau program untuk mengelola pencairan pinjaman kepada nelayan di Papua untuk sebuah badan PBB. Pada tahun 1983, Sugiri bergabung dengan Bank Bali, yang kemudian dimiliki oleh pamannya, Djaja Ramli. (Bank Bali kemudian bergabung dengan Permata Bank, yang kemudian dibeli oleh Bangkok Bank.)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6158 seconds (0.1#10.140)