Kadin nilai Apindo berlebihan tanggapi demo buruh

Kamis, 08 November 2012 - 16:24 WIB
Kadin nilai Apindo berlebihan tanggapi demo buruh
Kadin nilai Apindo berlebihan tanggapi demo buruh
A A A
Sindonews.com - Seperti diberitakan sebelumnya, Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) mengancam akan melakukan penghentian produksi (lock out) bila buruh terus melakukan aksi mogok dan pemerintah tidak bisa memberikan perlindungan serta kepastian hukum.

Menanggapi rencana aksi lock out para pengusaha yang tergabung dalam Apindo ini, Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) menilai bahwa ancaman Apindo tersebut terlalu berlebihan.

"Saya rasa Apindo tidak perlu besar-besarkan. Kalau meresahkan iya terhadap aksi-aksi buruh, tapi mari kita perbaiki, bisnis di Indonesia masih menguntungkan," kata Wakil Ketua Kadin Natsir Mansyur di Menara Kadin, Jakarta, Kamis (8/11/2012).

Natsir mengajak semua pihak, baik buruh, maupun pengusaha dan pemerintah untuk bersama-sama membahas permasalahan yang ada tanpa saling mengeluarkan ancaman. "Sekarang seluruh stakeholders yang ada harus duduk bersama dan kembali berhitung, berapa sih cost produksi yang sekarang ini," imbuhnya.

Pihaknya mengakui, aksi-aksi buruh memang meresahkan dan mengganggu iklim investasi. Namun, dia tidak membantah anggapan Apindo bahwa situasi sudah sedemikian kritis hingga menyebabkan banyak industri melakukan relokasi ke luar negeri.

"Karena dia melakukan aksi semacam itu, ya mengganggu pasti. Tapi soal hengkang itu harus lihat grade industrinya," simpul Natsir.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9729 seconds (0.1#10.140)