Desember, Pemkab Bantaeng panen apel

Rabu, 14 November 2012 - 14:31 WIB
Desember, Pemkab Bantaeng panen apel
Desember, Pemkab Bantaeng panen apel
A A A
Sindonews.com - Dinas Pertanian dan Peternakan (Dispertanak) Kabupaten Bantaeng akan melakukan panen apel pada bulan Desember mendatang.

Menurut Kepala bidang Hortikulutura, Dispertanak Bantaeng Suaib Pance, jadwal tersebut sudah diperkirakan, pasalnya saat ini kondisi buah apel yang terletak di Kebun Agro Wisata Muntea Kecamatan Ulu Ere itu, sudah mulai matang.

“Untuk Desember ini, sudah masuk pada panen ke tiga sejak 2009 lalu,” ungkap Suaib di Bantaeng, Rabu (14/11/2012).

Kebun apel tersebut sebelumnya pernah istirahat untuk diperbanyak, lantaran saat itu masih terlalu muda. Selain itu, kata Suaib, untuk tahun 2009, Pemkab kembangkan sebanyak 10 ribu pohon, luas lahan 20 Ha. Tahun 2010, sebanyak 20 ribu pohon luas lahan 40 Ha.

Salah seorang petani yang menangani kebun apel tersebut, Daeng Manai mengatakan, dirinya sudah diberitahukan oleh Pemkab Bantaeng, untuk melakukan panen pada Desember mendatang.

Menurutnya, luas lahan yang akan dilakukan panen sekitar 7 Ha. Sementara, yang lainnya belum berbuah. Lebih lanjut, Manai mengatakan selain melakukan persiapan panen apel, pihaknya juga sementara menambah tanaman strobery yang sudah mulai berbuah.

“Memang apelnya harus dilakukan rompes (menggugurkan daun), sehingga bisa berbuah lebih bagus, jadi sebelumnya sudah kami lakukan,” ujar Manai.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7390 seconds (0.1#10.140)