Program Pekerja Gelombang 23 Resmi Dibuka, Ayo Buruan Daftar!

Kamis, 17 Februari 2022 - 16:26 WIB
loading...
Program Pekerja Gelombang 23 Resmi Dibuka, Ayo Buruan Daftar!
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto hari ini resmi membuka pendaftaran Program Kartu Prakerja Gelombang 23. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyatakan pendaftaran Program Kartu Prakerja Gelombang 23 hari ini resmi dibuka. Program Kartu Prakerja Gelombang 23 ini memiliki kuota 500 ribu pekerja.

"Dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim, hari ini saya menyatakan bahwa Program Kartu Prakerja gelombang 23 secara resmi dibuka, selamat mengikuti program prakerja, mari melangkah maju jadi lebih baik siap dari sekarang," kata Menko Airlangga dalam keterangan resminya, Kamis (17/2/2022).



Menko Airlangga menegaskan, program ini menjadi upaya pemerintah mengatasi dampak pandemi, khususnya bagi para pekerja. Selama dua tahun pelaksanaan Program Kartu Prakerja sejak 2020 telah memberikan dampak positif dalam mendorong ketahanan dan inklusi keuangan, khususnya untuk masyarakat yang terdampak Covid-19.

Riset evaluasi dampak program yang dilakukan oleh The Abdul Latif Jameel Poverty Action Lab (J-PAL) Southeast Asia dan Rumah Presisi Indonesia memperlihatkan secara ilmiah bahwa Program Kartu Prakerja berdampak
positif terhadap peningkatan kompetensi, produktivitas, kebekerjaan, kewirausahaan, serta pendapatan para penerimanya.

"Tidak berlebihan bila Program Kartu Prakerja dijadikan contoh sukses program Pemerintah yang sesuai tema Presidensi G20 Indonesia yakni Recover Together, Recover Stronger, sehingga Kartu Prakerja bisa direplikasi di negara-negara berkembang lainnya," tutur Airlangga.

Sejak dibuka pada 11 April 2020, jumlah penerima Program Kartu Prakerja saat ini telah mencapai sekitar 11,4 juta orang dari 22 gelombang pendaftaran. Sebanyak 87% penerima tersebut belum pernah mengikuti pelatihan sebelumnya, sehingga ikut pelatihan Prakerja menjadi pengalaman pelatihan pertama bagi mereka.



"Saya berharap kepada 11,4 juta alumni Program Kartu Prakerja untuk terus mengasah pengetahuan, mempraktikkan ilmu yang diperoleh, dan menyempurnakan sikap untuk menjadi pekerja atau wirausahawan yang sukses. Pemerintah juga punya Program KUR bagi UMKM. Salah satu persyaratan pembiayaan UMKM adalah know your customer (KYC), dan kalau dia mempunyai sertifikasi penambahan keterampilan dan kompetensi dari Kartu Prakerja akan menambah kredibilitasnya," ungkap Menko Airlangga.

Melalui Program Kartu Prakerja gelombang ke-23 ini, pemerintah memprioritaskan 212 kabupaten/kota kemiskinan ekstrem. Program Kartu Prakerja juga akan memberikan alokasi khusus kepada 50 ribu Calon Pekerja Migran Indonesia (CPMI). "Ini memberikan jaminan kepada mereka karena sudah memiliki kompetensi yang dibutuhkan utk pekerjaan itu," imbuh Menko Airlangga.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2285 seconds (0.1#10.140)