alexametrics

Total utang Indonesia ke Jepang Rp288,8 T

loading...
Total utang Indonesia ke Jepang Rp288,8 T
Ilustrasi
A+ A-
Sindonews.com - Direktur Jenderal Pengelolaan Utang Kementerian Keuangan, Robert Pakpahan menyebutkan, total pinjaman Indonesia dari Jepang hingga saat ini mencapai Rp288,83 triliun.

"Ditambahkan dengan Samurai Bond yang diterbitkan hari ini adalah sebesar Rp288,83 triliun," ujar Robert di kantornya, Jakarta, Senin (19/11/2012).

Dia menyatakan, per 31 Oktober 2012 bond (obligasi) sudah tercatat sebesar Rp281,63 triliun. Sedangkan untuk penerbitan Surat Utang Negara (SUN) telah terealisasi 98,93 persen dari target Surat Berharga Nasional (SBN).



"Dan ini udah termasuk global sukuk," pungkasnya.

Sementara itu, pemerintah hari ini memperoleh pinjaman dari Jepang melalui penerbitan obligasi global, yakni Samurai Bond senilai 60 miliar yen atau setara Rp7,2 triliun dengan kupon bunga terendah sepanjang sejarah senilai 1,13 persen.

Obligasi dengan tenor 10 tahun ini memperoleh respon investor Jepang yang cukup besar, sehingga mengalami kelebihan permintaan (oversubscribed). Dari alokasi yang 60 miliar yen yang ditetapkan oleh pemerintah, porsi permintaan terbesar umumnya berasal dari sektor perbankan dan asuransi.
(rna)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak