Kebutuhan Pangan Aman Sampai Empat Bulan Mendatang

Senin, 13 April 2020 - 18:25 WIB
loading...
Kebutuhan Pangan Aman Sampai Empat Bulan Mendatang
Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Doni Monardo. Foto/Dok.BNPB
A A A
JAKARTA - Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19 yang juga Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Doni Monardo, mengatakan dari hasil laporan yang disampaikan Menteri Pertanian, kebutuhan pangan masih aman sampai beberapa bulan ke depan. Selain itu, harga beberapa barang kebutuhan sehari-hari juga mulai stabil.

"Jadi tadi bapak Menteri Pertanian telah menyampaikan kepastian untuk pangan sampai 4 bulan ke depan, alhamdulilah aman. Kemudian kebutuhan barang sehari-hari yang mengalami peningkatan, sesuai arahan bapak Presiden, sudah ada beberapa komoditas yang mulai stabil," katanya saat konferensi pers, Senin (13/4/2020).

Namun begitu, Doni Monardo mengatakan bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta agar melakukan antisipasi krisis pangan. Hal ini sebagaimana yang diungkapkan Badan Pangan Dunia atau FAO.

"Sesuai dengan masukan dari FAO bahwa akan terjadi krisis pangan pada tahun ini karena diakibatkan oleh dua hal, yaitu Covid-19 dan juga masalah kekeringan," ungkapnya.

Doni Monardo mengatakan karena itu perlu ada upaya peningkatan pangan nasional. Sehingga ketersediaan pangan Indonesia menjadi lebih baik.

"Dan ketergantungan terhadap impor juga dihilangkan. Karena bisa jadi, beberapa negara yang selama ini menjadi negara yang memberikan kebutuhan pangan kita, mungkin saja ke depan tidak memenuhinya," tuturnya.
(bon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1332 seconds (0.1#10.140)