Mau Cepat Dapat Promosi? Praktikkan Lima Kebiasaan Ini

Minggu, 14 Juni 2020 - 11:55 WIB
loading...
Mau Cepat Dapat Promosi? Praktikkan Lima Kebiasaan Ini
Seorang pekerja perlu memiliki strategi dan sikap yang tepat dalam bekerja jika ingin mendaki tangga karier yang lebih tinggi. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Kenaikan jabatan alias promosi tidak akan jatuh begitu saja ke pangkuan kita tanpa ada usaha. Jika ingin menaiki tangga karier yang lebih tinggi, seorang pekerja harus proaktif dan juga memiliki strategi dalam menjalankan pekerjaannya dengan benar.

Perancang Keuangan Eko Endarto mengatakan banyak orang berpikir bahwa melakukan pekerjaan dengan baik adalah hal yang mereka butuhkan untuk mendapatkan promosi atau mendapatkan tugas baru yang lebih menarik, tapi itu saja mungkin tidak cukup.

"Persaingan dalam dunia kerja enggak cuma terjadi saat proses melamar pekerjaan, tapi juga saat kamu sudah mulai bekerja. Kamu harus bersaing dengan teman-teman kantormu, menunjukkan performa terbaik dan profesional agar bisa bertahan menjadi karyawan yang baik," kata Eko saat dihubungi SINDOnews di Jakarta, Minggu (14/6/2020).

(Baca Juga: 5 Tips Sukses Kerja Sampingan di Masa New Normal)

Dia melanjutkan, dengan performa terbaik sebagai karyawan, kesempatan untuk mendapatkan promosi dari atasan akan semakin terbuka. "Kamu bisa menjadi kandidat paling kuat yang layak mendapatkan promosi jabatan," ujarnya.

Untuk mendapatkan kenaikan jabatan dan tentunya juga diiringi dengan peningkatan pendapatan, Eko menyarankan agar para pekerja membiadsakan diri untuk melakukan hal-hal ini:

1. Datang lebih awal untuk bekerja
Hadir di kantor lebih awal, tidak hanya berdampak positif untuk untuk pekerjaan yang Anda lakukan sehari-hari, tapi juga akan berdampak pada karier dan jabatan. Dengan datang di kantor lebih awal, otomatis itu juga menunjukkan bahwa Anda telah mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik sebelum datang ke kantor. "Ini akan memberikan rasa nyaman pada saat menjalankan pekerjaan yang dibebankan kepada Anda," tuturnya.

(Infografis: Karyawan Perkantoran di DKI Jakarta Siap Bekerja ala Ninja)

2. Tunjukkan sifat pemimpin
Jika Anda menginginkan kenaikan jabatan, tentu Anda harus menunjunkkan bahwa Anda memahami semakin tinggi posisi yang akan diduduki, semakin tinggi pula tanggung jawab Anda untuk memastikan kebaikan masa depan perusahaan.

Hal ini hanya dapat diwujudkan apabila Anda mampu memimpin pegawai/rekan kerja yang jabatannya lebih rendah dibandingkan Anda. Jadi, meskipun saat ini Anda belum memiliki posisi dan jabatan yang tinggi di perusahaan, bukan berarti tidak perlu mempelajari bagaimana cara menjadi seorang pemimpin yang baik.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1567 seconds (0.1#10.140)