Temui Sultan, Erick Thohir Bahas Tol hingga Candi Borobudur

Senin, 21 Februari 2022 - 17:13 WIB
loading...
Temui Sultan, Erick Thohir Bahas Tol hingga Candi Borobudur
Menteri BUMN Erick Thohir bersua Sri Sultan Hamengkubuwono X bahas sejumlah persoalan pembangunan. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menekankan rencana pengembangan infrastruktur yang dilakukan BUMN di Daerah Istimewa Yogyakarta ( DIY ) harus melalui proses bisnis yang baik. Tujuannya menghasilkan output yang juga baik bagi masyarakat sekitar.



Rencana pembangunan infrastruktur tersebut meliputi pembangunan jalan tol hingga pengembangan kawasan wisata Candi Borobudur. Erick pun bertemu secara langsung dengan Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X di kantor Gubernur DIY pada Senin pagi tadi (21/02/2022).

"Dalam silaturahmi dengan Sri Sultan tadi, kami banyak berbicara mengenai progres pembangunan tol, termasuk persoalan pembebasan lahan," ujar Erick, Senin (21/2/2022).

Perusahaan pelat merah, kata Erick, berkomitmen penuh dan berkoordinasi secara intensif dengan Pemprov DIY terkait pembangunan tol. Erick menilai upaya itu merupakan bentuk kolaborasi yang baik antara pemerintah pusat, melalui Kementerian BUMN, dengan pemerintah daerah.



"BUMN dan Pemprov DIY juga berkomitmen untuk melibatkan masyarakat agar pengembangan jalan tol dapat memberikan manfaat nyata bagi kemajuan daerah, dan tentunya masyarakat itu sendiri," ucap dia.

Erick berharap kehadiran jalan tol dapat semakin memperkokoh citra Jogja sebagai destinasi unggulan. Erick meyakini keberadaan jalan tol juga akan mengurangi biaya logistik dan menimbulkan efek berganda dalam peningkatan pertumbuhan ekonomi.

Selain tol, Erick juga menyampaikan komitmen BUMN dalam pengembangan wisata Candi Borobudur dan Candi Prambanan. Erick menyampaikan PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko (Persero) atau TWC saat ini telah bergabung dalam sebuah ekosistem holding pariwisata dan pendukung atau InJourney.

Dia memandang kehadiran InJourney akan memberikan wajah baru dalam model pariwisata Indonesia. "Dengan adanya holding, TWC tak lagi berjuang sendiri dalam mengembangkan Candi Borobudur dan Candi Prambanan," tuturnya.



Nantinya, InJourney akan berkolaborasi dalam memperkuat branding, membuat paket bundling, hingga mengemas event di Candi Prambanan dan Candi Borobudur agar lebih menarik. Pengembangan wisata Candi Borobudur dan Candi Prambanan juga akan melibatkan pemerintah daerah di sekitar Joglosemar agar efek berganda yang diciptakan bisa dirasakan bagi semua.
(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2969 seconds (0.1#10.140)