Kinerja Membaik, BCA Life Bukukan Pendapatan Premi Rp1,34 Triliun

Selasa, 22 Februari 2022 - 19:10 WIB
loading...
Kinerja Membaik, BCA Life Bukukan Pendapatan Premi Rp1,34 Triliun
BCA Life catatkan kinerja signifikan di tahun 2021. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Di tengah pandemi Covid-19, BCA Life berhasil membukukan kinerja keuangan yang cukup baik. Pada tahun kedua masa pandemi atau 2021, BCA Life mencatatkan pendapatan premi sebesar Rp1,34 triliun, naik sebesar 34,5% dibandingkan pada 2020. Di segi aset pun naik naik 31,5% atau menjadi Rp1,93 triliun dibanding 2020.

Baca juga: Di Hadapan Komisi VII, Bos MIND ID: Alhamdulillah Utang Turun Rp13,8 Triliun

Presiden Direktur dan CEO BCA Life Rio Winardi menjelaskan, dampak pandemi yang dirasakan oleh seluruh industri, termasuk industri asuransi jiwa, membuat laba komprehensif BCA Life 2021 mengalami penurunan 56,1% menjadi sebesar Rp40,2 miliar dibandingkan 2020.

"Selama masa pandemi banyak peristiwa terjadi yang mengakibatkan peningkatan angka kasus meninggal dunia dibanding tahun-tahun sebelumnya, khususnya yang disebabkan oleh Covid-19. Hal ini tecermin dari kewajiban yang dibayarkan BCA Life khususnya untuk klaim dan manfaat, karena pada tahun 2021 jumlahnya mencapai Rp786,7 miliar atau naik sebesar 78,1% dibandingkan tahun 2020," ujar Rio, Selasa (22/2/2022).

Menurutnya, angka tersebut menunjukkan komitmen BCA Life untuk memenuhi kewajiban dan memberikan layanan terbaik bagi nasabah dan keluarga. Dalam hal kemampuan perusahaan memenuhi kewajibannya. Bahkan, pihaknya terus menjaga rasio pencapaian solvabilitas jauh di atas batas minimum yang disyaratkan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yaitu sebesar 323,8%.



“Dampak pandemi sungguh sangat kami rasakan pada tahun 2021, begitu juga para nasabah kami yang terdampak Covid-19. Oleh karena itu, kami terus berkomitmen melakukan pemenuhan kewajiban klaim nasabah dengan cepat agar keluarga dan ahli waris yang ditinggalkan dapat terus mencapai impian dan rencana keuangan yang sudah dibuat,” kata dia.

Rio mencatat, BCA Life mampu menjaga kinerja melalui berbagai multi channel distribusi yang dapat dipilih masyarakat sesuai dengan kebutuhan keuangan di masa depan. Kontribusi utama pendapatan premi diberikan melalui jalur telemarketing, bancassurance, dan corporate business.

Selain itu, melalui jalur agency, digital & credit life. Kontribusi besar ini merupakan hasil dari kerja sama yang kuat antara BCA Life dengan Grup BCA dan partner lainnya dalam menyediakan solusi perencanaan keuangan yang tepat untuk seluruh masyarakat Indonesia.

Rio juga menjelaskan, sepanjang 2021, BCA Life mengelola dana investasi sebesar Rp1,52 triliun dan berhasil membukukan hasil investasi sebesar Rp81,9 miliar. Penempatan investasi BCA Life dilakukan dengan memperhatikan prinsip kehati-hatian agar tetap memberikan hasil yang optimal di tengah kondisi ekonomi di masa pandemi.

Baca juga: Menunggu Pasokan Chip, Ribuan Ford Bronco Nyaris Menjadi Besi Tua

"Pandemi membuat banyak orang kehilangan pekerjaan, sementara kebutuhan hidup harus terus dipenuhi. Melihat kebutuhan ini, BCA Life menghadirkan program referral secara digital di mana siapa saja dapat mereferensikan keluarga, kerabat, teman, atau kolega untuk menjadi agen asuransi BCA Life," ungkapnya.
Membaik, BCA Life Bukukan Pendapatan Premi Sebesar Rp1.343,9 Miliar
(uka)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1925 seconds (11.97#12.26)