Pakai Pertamax Series atau Pertamina Dex Bikin Untung, Simak Nih Penjelasannya

Jum'at, 25 Februari 2022 - 13:28 WIB
loading...
Pakai Pertamax Series atau Pertamina Dex Bikin Untung, Simak Nih Penjelasannya
Sejumlah keuntungan diperoleh dari pemakaian Bahan Bakar Minyak (BBM) berkualitas. Termasuk di antaranya Pertamax series untuk jenis gasoline, maupun Pertamina Dex dan Dexlite untuk BBM bagi kendaraan diesel. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Sejumlah keuntungan diperoleh dari pemakaian Bahan Bakar Minyak (BBM) berkualitas . Termasuk di antaranya Pertamax series untuk jenis gasoline, maupun Pertamina Dex dan Dexlite untuk BBM bagi kendaraan diesel.



Selain menjaga performa mesin, BBM berkualitas tersebut baik bagi kesehatan lingkungan. Demikian disampaikan pengamat otomotif Institut Teknologi Bandung (ITB), Yannes Martinus Pasaribu kepada media hari ini.

“Banyak keuntungannya. BBM berkualitas juga bisa menurunkan beberapa unsur polutif, akibat pembakaran pada ruang bakar mesin,” kata Yannes.

BBM berkualitas, imbuhnya, memang telah memenuhi persyaratan kualitas yang ketat. “Selain melindungi kesehatan manusia dan lingkungan, juga memastikan bahwa mesin kendaraan dapat bekerja dengan aman,” kata dia.

Dalam konteks kesehatan manusia, jelasnya, secara ideal, hasil pembuangan motor bakar seperti karbon dioksida (CO2), uap air dan nitrogen memang seharusnya dapat ditekan serendah mungkin.

Dari sanalah pemakaian BBM berkualitas berperan. Sebab, dengan penggunaan BBM berkualitas, bisa membantu mengurangi efek rumah kaca dan emisi polutan udara lewat penurunan kadar NO dan NO2 (Nitrogen Monoksida dan Nitrogen Dioksida sering disebut NOx).

Di sisi lain, Yannes menjelaskan, bahwa Pertamax series, Pertamina Dex, dan Dexlite juga mampu memastikan bahwa kendaraan secara kompatibel dapat beroperasi dengan bahan bakar tersebut. “Artinya, tingkat oktan yang disuplai BBM tersebut sesuai dengan karakteristik kompresi kendaraan,” sambung Yannes.

Yannes tidak menepis bahwa BBM berkualitas tersebut memang dirancang untuk kendaraan keluaran terbaru. Pertamax dengan RON 92, misalnya. memiliki faktor emisi (CO2) sebesar 69.300 kg CO2/TJ dan kandungan sulfur maks: 130 ppm. “Bensin Pertamax cocok untuk kendaraan berkompresi mesin antara 9:1 sampai 10:1,” kata dia.

Sementara Pertamax Turbo (RON 98), memiliki faktor emisi (CO2) sebesar 69.300 kg CO2/TJ dan kandungan sulfur maks: 50 ppm. Bensin jenis ini, jelas Yannes, cocok bagi kendaraan berkompresi mesin antara 11:1 hingga 13:1.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2206 seconds (0.1#10.140)