Dugaan Konflik Lahan Sawit di Jambi, Ini Kata Warga dan Suku Anak Dalam

Minggu, 27 Februari 2022 - 10:48 WIB
loading...
Dugaan Konflik Lahan Sawit di Jambi, Ini Kata Warga dan Suku Anak Dalam
Ilustrasi kebun kelapa sawit. Foto/Dok SINDOnews/Yorri Farli
A A A
JAKARTA - Kelapa sawit sebagai komoditas strategis berkembang pesat di Indonesia. Keberadaan kebun sawit di sejumlah daerah di Tanah Air pun diharapkan mampu mendongkrak perekonomian dan kesejahteraan masyarakat.

Salah satu perkebunan kelapa sawit di Kabupaten Sarolangun dan Merangin, Jambi, yang dikelola PT Sari Aditya Loka (PT SAL) berupaya memberikan kontribusi positif terhadap masyarakat sekitar.

Tak hanya berdampak positif pada perekonomian masyarakat, perusahaan ini juga membantu pembangunan infrastruktur jalan, pelayanan kesehatan hingga dukungan bantuan sembako di masa pandemi Covid-19.

“Sejauh ini hubungan di tempat kami dengan pihak perusahaan dari PT SAL masih berjalan dengan sangat baik. Belum pernah ada terdengar konflik lahan,” kata Kepala Desa Lubuk Jering Suseno, dikutip Minggu (27/2/2022).



Dia merasa kehadiran PT SAL di wilayahnya telah memberikan kontribusi nyata. “Saya melihat kontribusi PT SAL terhadap masyarakat Air Hitam dan warga SAD (Suku Anak Dalam) sudah cukup banyak memberikan bantuan,” imbuhnya.

Hal senada disampaikan Tumenggung Tarib. Salah satu pemimpin rombong SAD yang bermukim di Kecamatan Air Hitam ini mengatakan sejauh ini kehadiran PT SAL telah membantu secara signifikan.

Bantuan tersebut di antaranya di bidang pendidikan dengan memberikan beasiswa secara gratis kepada warga SAD. “Setahu saya ada tiga warga kami yang sekarang ini sedang dikuliahkan lewat bantuan dari PT SAL,” ungkapnya.

Terkait kabar konflik lahan, Tumenggung Tarib justru mempertanyakan asal mula kabar tersebut. Sebagai warga yang sudah hidup lama di kawasan Taman Nasional Bukit Duabelas, dia merasa belum melihat adanya konflik lahan dengan pihak perusahaan.

“Konflik yang mana? Sejauh ini semuanya sudah berjalan dengan sangat baik. Kami justru merasa terbantu dengan adanya sejumlah bantuan dari pihak perusahaan, dalam hal ini adalah PT SAL,” bebernya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1861 seconds (0.1#10.140)