Menteri ESDM tolak penilaian FITRA

Rabu, 26 Desember 2012 - 18:07 WIB
Menteri ESDM tolak penilaian FITRA
Menteri ESDM tolak penilaian FITRA
A A A
Sindonews.com - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Jero Wacik menyatakan bahwa penilaian Forum Indonesia untuk Transparansi (FITRA) yang memasukkan Kementerian ESDM sebagai salah satu dari enam kementerian termalas merupakan kesalahan besar. Dirinya menyatakan, Kementerian ESDM rajin, tidak malas seperti penilaian FITRA.

Jero mengatakan, data FITRA tidak valid karena menggunakan data hingga Juni 2012. "Saya rajin kok dibilang malas? Ternyata saya lihat datanya FITRA itu adalah Juli 2012, sampai dengan Juni," ungkap Jero Wacik usai konferensi pers Kinerja Satu Tahun di Kementerian ESDM, Jakarta, Rabu (26/12/2012).

Dia menjelaskan, wajar apabila anggaran Kementerian ESDM baru terserap 10 persen hingga pertengahan tahun. Alasannya, sebagian besar anggaran kementeriannya digunakan untuk belanja modal yang baru terealisasi di akhir tahun.

"Sampai dengan Juni, serapannya ESDM itu baru 10 persen. ESDM itu anggaran APBN-nya hanya 10-15 persen, yang pengeluaran rutin. Sisanya anggaran belanja modal. Belanja modal kan tendernya lama, nanti bayarnya sekaligus di bulan Oktober, November, atau Desember," terangnya.

Pihaknya optimistis kementerian yang dipimpinnya berhasil menyerap anggaran hingga 85 persen sampai akhir 2012 ini. "Kemarin saya cek, sampai Oktober itu sudah 60-70 persen. Masih ada beberapa bulan yang belum dimasukkan angkanya, feeling saya sih sampai akhir tahun ada 85 persen. Jadi itu yang fair-nya," pungkas Jero.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5804 seconds (0.1#10.140)