Dari Pelawak jadi Kepala Negara, Intip Kekayaan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky

Jum'at, 04 Maret 2022 - 08:22 WIB
loading...
Dari Pelawak jadi Kepala Negara, Intip Kekayaan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky
Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky. Foto/Reuters
A A A
JAKARTA - Komedian alias pelawak asal Ukraina yang kini menjabat presiden Ukraina Volodymyr Zelensky ikut menjadi sorotan dunia seiring memanasnya konflik Rusia-Ukraina.

Zelensky dianggap menjadi pion bagi kepentingan Barat di kawasan Eropa Timur dalam konflik antara negara Rusia dan Ukraina. Dilansir dari berbagai sumber, Zelesky pada dasarnya bukanlah seorang politikus. Dia bahkan tidak memiliki latar belakang karier politik sebelum mengikuti Pemilu pada 2019.

Zelensky lebih banyak berkecimpung di industri hiburan Ukraina, di mana publik mengenalnya sebagai komedian dan aktor. Dia merupakan pendiri Kvartal 95 yang fokus dalam memproduksi film, kartun, dan acara TV seperti Servant of the People.



Pria kelahiran 1978 itu telah menerima hibah pendidikan dari Israel ketika baru berusia 16 tahun, namun ayahnya tidak mengizinkannya pergi. Dia kemudian lulus dalam bidang Hukum dari Institut Ekonomi Kryvyi Rih.

Setahun berselang, Zelensky bergabung dengan tim kompetisi komedi KVN lokal pada usia 17 dan kemudian diundang untuk bergabung dengan tim Ukraina bersatu "Zaporizhia-Kryvyi Rih-Transit".

Dia tercatat pernah memenangkan Liga Utama KVN dan mendirikan studio Kvartal 95 pada 2003. Pada periode tersebut, Kvartal 95 mulai melakukan diversifikasi dengan memproduksi acara TV untuk saluran TV Ukraina 1+1.

Bisnis di industri hiburan tersebut menjadi salah satu sumber pundi-pundi Zelensky. Dikutip dari thetelmanggo, harta kekayaan presiden ke-6 Ukraina itu pada tahun 2022 ditaksir mencapai USD705 juta atau setara Rp10 Triliun (asumsi kurs Rp14.300 per dolar AS).



Jumlah tersebut sesuai dengan laporan keuangan terbaru yang diajukan olehnya, atau di Indonesia disebut sebagai Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1290 seconds (0.1#10.140)