Le Minerale Berkomitmen Perluas Jangkauan Pengelolaan dan Edukasi Sampah PET

Selasa, 08 Maret 2022 - 10:09 WIB
loading...
A A A
Sebagai bentuk apresiasi Le Minerale terhadap peranan penting pemulung dalam mata rantai ekonomi sirkular, maka Le Minerale juga ikut berkontribusi dalam mensejahterakan keluarga pemulung, seperti pemberian beasiswa pendidikan untuk anak pemulung, membentuk koperasi pemulung dan juga pemberian bantuan berupa mesin press untuk mendukung pengumpulan limbah plastik menjadi lebih baik, melalui kerja sama dengan Ikatan Pemulung Indonesia (IPI).

Riset terbaru Sustainable Waste Indonesia (SWI) mengungkapkan bahwa skema ekonomi sirkular cukup efektif. Sepanjang Maret-Agustus 2021 tingkat daur ulang botol PET sebesar 74%, galon PET 93%, dan gelas PP 81%. Hal ini menunjukkan bahwa kebutuhan terhadap material PET masih sangat tinggi karena inovasi produk berbasis PET juga terus berkembang.

Riset SWI juga menggambarkan bahwa penghasilan para pengepul sampah ini bergantung dari daur ulang plastik PET, dimana sekitar 30% - 48% penghasilan mereka didapatkan dari penjualan plastik jenis PET. Di Jabodetabek saja, plastik PET berkontribusi lebih dari Rp 700 juta per hari dari rantai pengepul, dan lebih dari Rp 1 miliar per hari dari total rantai agregasi.

Gerakan bersama ini mampu menciptakan 57.500 lapangan pekerjaan dan 1.370 UMKM yang tentunya sangat menolong sosial ekonomi masyarakat yang terdampak pandemi. Karena itu SWI memberikan rekomendasi untuk memulai program pemilahan sampah dan insentif ekonomi kepada rantai daur ulang.

Misi Edukasi GESN
Konsep ekonomi sirkular adalah meminimalisasi sampah dengan mentransformasikannya menjadi produk baru dan sumber daya yang berguna. Penerapan model ekonomi sirkular bisa dipercepat dengan perubahan perilaku dan mentalitas semua instansi untuk peduli kepada peran individu dalam rantai ekonomi sirkular.

Demi memberikan pengetahuan tentang ekonomi sirkular dan pemilihan sampah dari rumah tersebut kepada masyarakat, maka program GESN aktif mengedukasi untuk mensukseskan perubahan perilaku. Target edukasi yang dibidik adalah membangun kebiasaan masyarakat untuk mulai memilah sampah sesuai kategorinya, dengan memisahkan antara sampah organik, sampah anorganik dan sampah plastik.

Lalu masyarakat bisa mengumpulkan sampah terpilah ke dalam dropbox yang tersedia di beberapa lokasi dalam program gerakan sedekah sampah, pemulung perumahan, aplikasi online sampah hingga ke bank sampah untuk didaur ulang, menjadi barang baru sebagai plastik botol, kontainer makan, polyester, dacron, karpet, kaos olahraga dan berbagai produk industri konstruksi.

Le Minerale mensosialisasikan program GESN melalui pesan layanan masyarakat di beberapa stasiun TV Swasta, yang merupakan media informasi yang masih menjadi pilihan utama masyarakat Indonesia, agar tujuan edukasi pilah sampah dan ekonomi sirkular bisa diterima dan dimengerti oleh masyarakat secara lebih luas. Sosialisasi tersebut didukung pula oleh KLHK, Kementrian Perindustrian, Fakultas Teknik UI, Metro TV, serta Kompas TV.

Selanjutnya untuk mengedukasi masyarakat sejak dini dalam mempraktekkan konsep Pilah Sampah yang tepat, Le Minerale mendukung program institusi dan asosiasi seperti Sekolah Sampah Nusantara KLHK, World Clean Up Day Lion Club, dan beragam seminar bank sampah unit kepada nasabah.

Selain melalui media elektronik, Le Minerale juga menempatkan lebih dari 100 dropbox yang tersebar mendekati sumber awal sampah yaitu area perumahan, perkantoran, pasar, Masjid maupun Sekolah, bersama PlasticPay sampah botol plastik yang terkumpul dapat ditukarkan menjadi uang elektronik. Edukasi yang berbasis perubahan perilaku secara praktis dan berekonomi diharapkan menjadi solusi efektif dan berkesan oleh masyarakat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1467 seconds (0.1#10.140)