Orang Kaya Rusia Disinyalir Coba Pindahkan Kekayaannya ke Dubai

Kamis, 10 Maret 2022 - 21:54 WIB
loading...
Orang Kaya Rusia Disinyalir Coba Pindahkan Kekayaannya ke Dubai
Orang-orang kaya Rusia disebut-sebut coba memindahkan kekayaannya dari Eropa ke Dubai untuk menghindari dampak sanksi ekonomi Barat. Foto/Ilustrasi/Reuters
A A A
DUBAI - Orang-orang kaya Rusia disinyalir berusaha mengalihkan sebagian kekayaan mereka dari Eropa ke Dubai. Hal itu dilakukan untuk melindungi aset mereka dari gelombang pengetatan sanksi Barat terhadap Rusia.

Dubai telah lama menjadi magnet bagi orang kaya di dunia. Penolakan Uni Emirat Arab (UEA) untuk memihak antara sekutu Barat dan Moskow telah memberi isyarat kepada Rusia bahwa uang mereka aman di sana.



UEA, yang selama bertahun-tahun telah memperdalam hubungannya dengan Rusia, tidak menyamai sanksi yang dijatuhkan oleh negara-negara Barat. Bank sentral negara itu juga sejauh ini belum mengeluarkan pedoman mengenai sanksi Barat.

"Dalam banyak kasus, orang kaya Rusia berusaha mengalihkan dana mereka yang sekarang ada di Swiss atau London ke Dubai," kata seorang bankir senior di bank swasta besar Swiss dan seorang pengacara yang mengetahui masalah tersebut seperti dilansir Reuters, Kamis (10/3/2022).

Pengacara, yang berbasis di Dubai, mengatakan perusahaannya telah menerima pertanyaan dari entitas Rusia tentang seberapa cepat mereka dapat memindahkan "dana yang sangat signifikan" senilai ratusan juta dolar ke negara Teluk Arab.

"UEA adalah media yang bagus - beberapa jam perjalanan dengan penerbangan dan tidak memiliki regulator yang sepenuhnya bersekongkol dengan regulator Barat," kata seorang profesional manajemen investasi.

Sementara, Kantor Media Dubai, Kementerian Luar Negeri UEA dan bank sentralnya tidak segera menanggapi pertanyaan tentang skala dana Rusia yang mengalir ke Dubai.

Bankir swasta senior itu mengatakan, dalam beberapa kasus, klien Rusia dengan rekening di bank swasta membuka rekening dengan cabang UEA bank yang sama. Yang lain membuka rekening di bank lokal.

Sumber di sektor keuangan yang lain mengungkapkan, Rusia yang menghadapi keruntuhan ekonomi akibat sanksi Barat juga ingin memasukkan uang mereka ke dalam investasi, termasuk real estat dan membeli dana yang tidak mengungkapkan informasi kepemilikan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1290 seconds (0.1#10.140)