Jepang proyeksikan pertumbuhan fiskal 2,5 persen

Senin, 28 Januari 2013 - 12:38 WIB
Jepang proyeksikan pertumbuhan fiskal 2,5 persen
Jepang proyeksikan pertumbuhan fiskal 2,5 persen
A A A
Sindonews.com - Sebagai negara dengan perekonomian terbesar ketiga di dunia, Jepang memproyeksikan perluasan pertumbuhan ekonomi 2,5 persen pada tahun fiskal April 2013. Kondisi ini didorong stimulus dalam upaya pemulihan pasar luar negeri.

Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe menyetujui perkiraan pertumbuhan fiskal lebih tinggi satu persen dari tahun berjalan hingga Maret mendatang.

"Kami meramalkan ekonomi akan pulih, karena ekonomi global diperkirakan akan tumbuh secara bertahap. Kita juga mengharapkan pemulihan stabil dalam permintaan dan peningkatan pekerjaan," ujar Kepala Sekretaris Kabinet, Yoshihide Suga dalam konferensi pers seperti dilansir The Economic Times, Senin (28/1/2013).

Juru bicara pemerintah memperingatkan, bahwa beberapa faktor dapat memengaruhi pertumbuhan akhir, termasuk pembengkakan utang publik dan fluktuasi yen, sebagai faktor kunci menggambarkan perdagangan Jepang.

Pekan lalu, Bank Sentral Jepang (Bank of Japan/BoJ) menaikkan proyeksi pertumbuhan untuk tahun fiskal yang sama menjadi 2,3 persen dari perkiraan sebelumnya 1,6 persen. Hal ini menyusul program pembelian aset dan target inflasi baru dengan tujuan mengakhiri deflasi, yang menghantui perekonomian Jepang selama bertahun-tahun.

Abe, yang menjabat pada akhir Desember 2012, juga meluncurkan paket stimulus USD222 miliar untuk menggenjot pertumbuhan ekonomi yang melemah.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5171 seconds (0.1#10.140)