Airlangga Hartarto Serukan Kolaborasi Pemerintah dan Swasta untuk Dukung UMKM

Selasa, 15 Maret 2022 - 19:23 WIB
loading...
Airlangga Hartarto Serukan Kolaborasi Pemerintah dan Swasta untuk Dukung UMKM
Menko Airlangga Hartarto mengajak semua pihak untuk mengembangkan UMKM. Foto/KemenkoPerekonomian
A A A
JAKARTA - Menko Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto kembali mengapresiasi para pelaku usaha mikro, kecil dan menengah ( UMKM ). Mereka telah membuktikan ketangguhan melewati masa pandemi Covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional.



Ia menegaskan perkembangan UMKM tak terlepas dari dukungan berbagai pihak, baik pemerintah maupun swasta.

"Kolaborasi pemerintah dan swasta sangat dirasakan manfaatnya oleh para pelaku UMKM. Melalui pembinaan, pelatihan, pembiayaan, khususnya KUR (kredit usaha rakyat), dan dukungan berbagai pihak menjadi sesuatu yang diperlukan oleh UMKM," ujar Menko Perekonomian Airlangga Hartarto dalam pertemuan dengan perwakilan para pelaku UMKM yang dilakukan secara virtual, Selasa (15/3/2022) di Bandung, Jawa Barat.

Airlangga menegaskan, pemerintah terus mendorong percepatan pemulihan ekonomi nasional dengan tanggap atas berbagai tantangan yang dihadapi masyarakat, mendorong stabilisasi harga, dan memperluas pembiayaan bagi para pelaku usaha. Berbagai upaya dilakukan untuk menstimulus aktivitas usaha yang diharapkan bermuara pada pertumbuhan ekonomi.

"Itulah pentingnya kita terus berkolaborasi, bahkan wajib untuk terus ditingkatkan," tutur Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) itu.

Ketua Umum Partai Golkar itu rutin bertemu dengan pelaku UMKM guna mendapatkan informasi terkini mengenai kondisi para pelaku UMKM serta mendengarkan secara langsung kendala yang dihadapi. Sebelum di Bandung, dialog serupa telah dilaksanakan di beberapa kota lainnya seperti di Solo, Surabaya, dan Semarang.

Dalam setiap pertemuan tersebut, Airlangga serius mendengarkan apa yang disampaikan. Selain itu, memberikan solusi atas permasalahan yang dihadapi, termasuk yang tergabung dalam program Sampoerna Retail Community (SRC).



Sejak 2008, PT HM Sampoerna Tbk (Sampoerna) aktif mendukung upaya pemerintah dalam mengembangkan UMKM melalui program SRC. Pada akhir 2021, program SRC telah menjangkau lebih dari 160.000 toko kelontong di seluruh Indonesia, termasuk Kota dan Kabupaten Bandung, Jawa Barat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2460 seconds (0.1#10.140)