Ini alasan SBY calonkan Agus sebagai Gubernur BI

Minggu, 24 Februari 2013 - 11:57 WIB
Ini alasan SBY calonkan Agus sebagai Gubernur BI
Ini alasan SBY calonkan Agus sebagai Gubernur BI
A A A
Sindonews.com - Staf Khusus Presiden bidang Ekonomi dan Pembangunan, Firmanzah menyatakan, keputusan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mencalonkan Menteri Keuangan Agus Martowardojo sebagai Gubernur Bank Indonesia (BI) periode 2013-2018, menggantikan Darmin Nasution berdasarkan masukan dan usulan dari sejumlah pihak, termasuk Menko Perekonomian Hatta Rajasa dan Wakil Presiden Boediono.

Firmanzah menjelaskan, alasan orang nomor satu di Indonesia itu memilih Agus sebagai calon tunggal Gubernur BI berikutnya karena mantan Direktur Utama Bank Mandiri periode 2005-2010 tersebut dinilai memiliki pengalaman panjang di industri perbankan dan keuangan di Tanah Air.

“Pak Agus paham benar bagaimana industri perbankan dan keuangan itu dijalankan. Beberapa Gubernur Bank Sentral di sejumlah negara juga memiliki background pernah jadi bankir,” ungkap Firmanzah seperti dikutip dari situs resmi Sekretaris Kabinet, Minggu (24/2/2013).

Alasan kedua, Agus memahami dengan baik menjaga fiskal dan sektor riil berjalan di Indonesia. Ke depannya, perekonomian Indonesia membutuhkan lebih baik lagi.

“Sekarang sudah sangat baik, tetapi melihat ekonomi dunia, dan ekonomi kawasan, maka policy respon kita sangat diperlukan. Kerja sama sektor moneter dan harmonisasi kebijakan moneter dan fiskal perlu lebih diintensifkan,” jelas dia.

Ketiga, Agus memiliki hubungan yang baik dengan semua lembaga di luar Kementerian Keuangan, seperti BI, Lembaga Penjamin Simpanan (LPS), Otoritas Jasa Keuangan (OJK), dan juga lembaga keuangan internasional, seperti Bank Dunia, IMF, dan lain-lain.

Firmanzah menegaskan, dengan Bank Dunia dan IMF saat ini tidak ada satupun negara yang bisa menyelesaikan perekonomian sendiri. “Jadi apa yang disebut policy coordination sangat diperlukan. Hubungan baik dengan Bank Dunia dan IMF sangat diperlukan untuk policy coordination,” ujar Firmanzah.

Keempat, Firmanzah menuturkan, profesionalitas, kapabilitas, dan integritas Agus sangat baik, baik sebagai bankir swasta maupun saat menjadi bankir pemerintah, dan ketika sebagai Menkeu. “Hal-hal tersebut yang melatarbelakangi mengapa Pak Agus Marto diusulkan sabagai Gubernur BI,” ungkap Firmanzah.

Seperti diketahui, masa jabatan Gubernur BI Darmin Nasution akan berakhir pada 23 Mei 2013. Sesuai Undang-Undang, nama calon Gubernur BI sudah harus diajukan oleh Presiden RI kepada DPR-RI tiga bulan sebelumnya.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7001 seconds (0.1#10.140)