Ongkos Logistik Indonesia Masih Mahal, Ini Sebabnya!

Rabu, 23 Maret 2022 - 21:53 WIB
loading...
Ongkos Logistik Indonesia Masih Mahal, Ini Sebabnya!
Pembangunan jalan bisa menekan ongkos logistik. Foto/Dok
A A A
BOGOR - Sekertaris Jendral Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat ( PUPR ) Mohammad Zainal Fatah mengungkapkan, saat ini ongkos logistik di dalam negeri lebih mahal jika dibandingkan di luar negeri. Mahalnya ongkos logistik yang ada tentu akan berdampak pada harga-harga barang.



Menurutnya, pembangunan konektivitas jalan di dalam negeri menjadi katalisator untuk menekan ongkos logistik Indonesia. Artinya Indonesia masih memerlukan pembangunan infrastruktur untuk mendukung konektivitas, sehingga bisa menekan biaya logistik.

"Kami harap dapat menyelesaikan isu terkait konektivitas sehingga menekan biaya logistik yang tinggi," ujar Zainal Fatah dalam Media Gathering, Rabu (23/3/2022).



Zainal Fatah menjelaskan hingga tahun 2021, Kementerian PUPR telah menyelesaikan pembangunan jalan tol dengan panjang total 2.457,5 km. Targetnya hingga tahun 2024 Indonesia memiliki jalan tol sepanjang 4.817 km.

Jika melihat data dari The Global Competitiveness Index 4.0 Tahun 2019, infrastruktur Indonesia berada pada ranking 50 dari total 141 negara. Bahkan Indonesia berada pada posisi 5 di ASEAN, di bawah Singapura, Malaysia, Brunei Darussalam, dan Thailand.

Baca juga: Bolehkan Masyarakat Mudik, Jokowi: Syaratnya Sudah Vaksin dan Booster

"Menggenjot infrastruktur adalah pilihan di awal kabinet. Dulu ini jadi pertanyaan besar publik, 'pemerintah genjot infrasstruktur seolah banyak uang'. Tapi sekarang terbukti sudah lebih baik, tanpa harus menunggu dampak dari pembangunan infrastruktur," pungkasnya.
(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1228 seconds (0.1#10.140)