Gobel: Milenial Penggerak Ekonomi Halal

Sabtu, 26 Maret 2022 - 19:33 WIB
loading...
A A A
Di sektor pangan saja, katanya, pada tahun 2023, potensinya sekitar USD2,6 triliun. Menurutnya, itu merupakan pasar yang sangat besar. Pada tahun 2019 lalu, katanya, konsumsi produk halal Indonesia mencapai USD144 miliar.

“Ini konsumsi terbesar di dunia. Ini karena Indonesia adalah negara dengan penduduk Islam terbesar di dunia,” katanya.

Karena itu, Gobel mengingatkan agar pasar halal yang besar di Indonesia tersebut harus dikuasai oleh masyarakat Indonesia sendiri. “Jangan kita menjadi konsumen saja,” katanya.



Melalui festival ini, ia berharap akan lahir produsen-produsen produk halal dari Gorontalo. “Ini sesuai visi Presiden Joko Widodo bahwa membangun Indonesia harus dari pinggiran. Itu artinya dari desa, dari daerah-daerah seperti Gorontalo ini. Jadi, bagaimana kita bisa membina dan melahirkan produk desa menjadi produk lokal, produk lokal menjadi produk nasional, lalu produk nasional menjadi produk global,” katanya.

Melalui visi tersebut, katanya, maka produk halal Indonesia bisa masuk dan merebut pasar global. Untuk itu, Gobel berharap agar terjadi sinergi antara lembaga-lembaga di pemerintah pusat dengan pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten/kota.

“Sekarang ada prakarsa dari Bank Indonesia, maka selanjutnya bagaimana pemerintah di daerah ikut berkontribusi dan bersinergi,” katanya.

(akr)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.7074 seconds (0.1#10.140)