Diboikot Negara Barat, Ini Daftar Perusahaan Minyak Terbesar Rusia

Senin, 28 Maret 2022 - 20:24 WIB
loading...
Diboikot Negara Barat, Ini Daftar Perusahaan Minyak Terbesar Rusia
Kilang minyak Rosneft di dekat Kota Nefteyugansk, Siberia Barat, Rusia. FOTO/REUTERS
A A A
JAKARTA - Perusahaan minyak Rusia ikut terimbas invansi militer yang dilakukan ke Ukraina sejak 24 Februari lalu. Minyak mentah menjadi sasaran boikot negara barat atas tindakan tersebut.

Dilansir dari berbagai sumber, Rusia merupakan negara pengekspor minyak mentah terbesar kedua dunia setelah Arab Saudi. Adapun perusahaan minyak terbesar Rusia di antaranya Rosneft dan Lukoil.

Rosneft adalah perusahaan minyak terintegrasi yang sebagian besar saham dimiliki pemerintah Rusia. Rosneft berkantor pusat di distrik Balchug, Moskow dekat Kremlin, di tepi Sungai Moskwa.



Kini Rosneft menjadi perusahaan ekstraksi dan kilang minyak terkemuka di dunia, setelah berhasil membeli aset Yukos. Pada bulan Maret 2013 Rosneft menjadi perusahaan minyak publik terbesar di dunia setelah berhasil membeli TNK-BP salah satu perusahaan minyak Rusia terbesar.

Di Indonesia Rosneft membangun proyek kilang bahan bakar minyak (BBM) baru (Grass Root Refinery/GRR) Tuban, Jawa Timur usai bekerja sama dengan Pertamina yang membentuk perusahaan patungan bernama PT Pertamina Rosneft Pengolahan dan Petrokimia (PRPP).

Sementara itu, Lukoil beroperasi di berbagai negara dan menjadi produsen minyak mentah terbesar kedua di Rusia setelah Rosneft. Mengoperasikan 230 pom bensin di Amerika Serikat (AS) perusahaan minyak tersebut tengah menghadapi ancaman pemboikotan di AS sebagai aksi invasi Presiden Putin ke Ukraina.



Kini Lukoil selaku penyumbang 2% produksi minyak mentah dunia itu menyerukan agar perang yang diinisiasi oleh Rusia terhadap Ukraina segera dihentikan.

(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1140 seconds (0.1#10.140)