Harga Kapal Pertamina yang Angkut Minyak Rusia dan Dikepung Greenpeace Rp1 Triliun

Selasa, 05 April 2022 - 10:36 WIB
loading...
Harga Kapal Pertamina yang Angkut Minyak Rusia dan Dikepung Greenpeace Rp1 Triliun
Kapal tanker Pertamina ini harganya bisa menembus Rp1 triliun.
A A A
JAKARTA - Gara-gara membeli dan mengangkut minyak rusia sebanyak 100 ribu ton, kapal Pertamina Prime dikepung oleh aktivis Greenpeace. Alasan pengepungan itu adalah untuk mendukung larangan impor bahan bakar dari Rusia imbas serangan militer Moskow terhadap Ukraina.

Baca juga: Bawa 100.000 Ton Minyak Rusia, Kapal Tanker Pertamina Dikepung Aktivis Greenpeace

"Jelas bahwa bahan bakar fosil dan uang yang mengalir ke dalamnya adalah akar penyebab krisis iklim, konflik, dan perang, yang menyebabkan penderitaan besar bagi orang-orang di seluruh dunia," ujar Kepala Greenpeace Denmark Sune Scheller.

Pertamina Prime merupakan kapal milik Pertamina berjenis VLCC (Very Large Crude Carrier). Dengan panjang 330 meter dan draft 21,55 meter kapak ini mampu memuat minyak sebanyak 2 juta barel sekali angkut.

Pertamina Prime merupakan armada baru Pertamina. Kapal ini dibangun tahun 2018 di Jepang diserahterimakan pada akhir Maret 2021. Pertamina Prime merupakan kapal kedua VLCC yang dimiliki Pertamina. Kapal satunya lagi adalah Pertamina Pride yang diterima pada Februari 2021.



Untuk memiliki kedua kapal raksasa ini, PT Pertamina International Shipping (PIS), anak usaha Pertamina, merogoh kantong yang sangat dalam. Kedua kapal itu dibiayai dari utang konsorsium yang terdiri dari Sumitomo Mitsui Banking Corporation (SMBC), PT BNI Tbk, dan PT Bank Mandiri Tbk.

Nilainya tak tanggung-tanggung mencapai USD134 juta. Dengan kurs saat itu sebesar Rp14.500 per dolar, maka utang Pertamina untuk membeli kedua kapal itu Rp1,94 triliun.

Baca juga: Aturan Baru! Penonton Pertandingan Olahraga Wajib Booster

Nah pertanyaannya, apakah utang itu memang untuk menutupi seluruh biaya pembelian kapal atau hanya sebagian saja. Jika sebagian saja maka angkanya bisa di atas Pp2 triliun. Artinya, satu kapal, baik Prime maupun Pride, banderolnya bisa mencapai Rp1 triliun.
(uka)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1420 seconds (11.210#12.26)