10 Miliarder Terkaya India Tahun 2022, 2 Posisi Teratas Tak Punya Tandingan di Asia

Minggu, 10 April 2022 - 20:41 WIB
loading...
10 Miliarder Terkaya India Tahun 2022, 2 Posisi Teratas Tak Punya Tandingan di Asia
Sementara itu jumlah total miliarder India mencetak rekor menjadi 166 orang atau meningkat pesat dari sebelumnya 140 miliarder di 2021. Foto/Dok Forbes
A A A
10 MILIARDER TERKAYA INDIA TAHUN 2022, NO 1 PUNYA HARTA RP1.294 TRILIUN - Di tengah blockbuster IPO (initial public offering) di India , terdapat 60 perusahaan yang berhasil mengumpulkan USD15,6 miliar berdasarkan laporan tahun lalu. Sementara itu jumlah total ">miliarder India mencetak rekor menjadi 166 orang atau meningkat pesat dari sebelumnya 140 miliarder di 2021.

Kekayaan gabungan para miliarder India itu tumbuh hampir 26% menjadi USD750 miliar yang setara dengan Rp10.707 Triliun (Kurs Rp14.276 per USD). Pada posisi tiga teratas terjadi pengulangan seperti tahun 2021.



Harga kekayaan Mukesh Ambani tumbuh 7% bersama dengan Reliance Industries, perusahaan paling berharga di India. Ia mempertahankan posisinya sebagai orang terkaya di Asia dan kesepuluh di dunia dengan kekayaan bersih mencapai USD90,7 miliar.

Tepat di belakang Ambani ada taipan infrastruktur dan komoditas, Gautam Adani yang hartanya bertambah hampir USD40 miliar untuk membawanya sebagai orang terkaya kedua di Asia. Baik Ambani dan Adani, keduanya memimpin India menuju energi hijau dengan investasi multi-miliar dolar yang direncanakan untuk beberapa dekade selanjutnya.

Di sisi lain dengan perkembangan pesat sektor teknologi di negara itu yang mencatat rekor pendapatan USD200 miliar pada tahun fiskal baru-baru ini. Kekayaan pengusaha teknologi informasi (TI) Shiv Nadar meningkat sebesar 22% dan ia mempertahankan posisinya sebagai orang terkaya ketiga di India.

Saat India berlomba untuk melindungi warganya dari virus corona, serum institute of India milik miliarder vaksin Cyrus Poonawalla, produsen vaksin Covid-19 terbesar di negara itu mencatat rekor pendapatan. Didukung oleh keuntungan super ini, Poonawalla hampir menggandakan kekayaannya menjadi USD24,3 miliar dan melompat ke posisi ke-4.



Sementara itu kenaikan harga baja mendorong matriark Savitri Jindal ke 10 besar orang terkaya India tahun ini. Dia adalah salah satu dari 13 miliarder wanita India dalam daftar.

Lalu termasuk di antara 29 wajah orang kaya baru India adalah mantan bankir Falguni Nayar, yang menjadi wanita terkaya di negara itu setelah startup kecantikan dan mode, Nykaa miliknya listing pada November.

Berikut adalah 10 orang terkaya di India:

1. Mukesh Ambani

Kekayaan Bersih: USD90.7 Miliar setara Rp1.294 triliun
Sumber Kekayaan: Diversifikasi
Kota: Mumbai

Ambani yang kekayaannya dibangun di atas minyak dan gas serta petrokimia telah menorehkan fondasi ekonomi hijau untuk Reliance Industries dengan rencana menginvestasikan USD80 miliar selama 15 tahun dalam sektorcenergi terbarukan.

Hal itu termasuk membangun kompleks baru, yang dinamai sama dengan almarhum ayahnya dan pendiri Reliance Dhirubhai Ambani, yang terdiri dari empat pabrik besar dekat dengan kilang minyak perusahaan di Jamnagar, India barat.

2. Gautam Adani

Kekayaan Bersih: USD90 miliar
Sumber Kekayaan: Infrastruktur
Kota: Ahmedabad

Kekayaan Adani melonjak untuk tahun kedua berturut-turut, sebagian karena meningkatnya saham produsen tenaga surya yang terdaftar yakni Adani Green Energy. Taipan infrastruktur menerangkan bakal menggandakan investasi pada energi terbarukan.

Dimana terang dia, dana investasi yang disiapkan mencapai USD70 miliar sebagai upaya mencapai ambisinya menjadi produsen energi terbarukan terbesar di dunia pada tahun 2030.

3. Shiv Nadar

Kekayaan Bersih: USD28.7 miliar
Sumber Kekayaan: Layanan Perangkat Lunak
Kota: Delhi

Pelopor teknologi yang mendirikan HCL Technologies senilai USD11,2 miliar, kini menjadi salah satu penyedia layanan perangkat lunak terbesar di India. Posisi Shiv Nadar saat ini menjadi Chairman emeritus dan penasihat strategis untuk dewan.

Putrinya, Roshni Nadar Malhotra, memimpin perusahaan yang mempekerjakan 198.000 orang di 52 negara.

4. Cyrus Poonawalla

Kekayaan Bersih: USD24,3 miliar
Sumber Kekayaan: Vaksin
Kota: Pune

Sebagian besar dari 1,8 miliar jabs Covid-19 yang diberikan kepada orang India sejauh ini dipasok oleh Institut Serum India yang dimiliki secara pribadi oleh poonawalla, yang memproduksi vaksin Covishield di bawah lisensi dari AstraZeneca.

Sebagai pengakuan atas upayanya, pemerintah India baru-baru ini menganugerahkan Padma Bhushan, dengan salah satu penghargaan sipil tertinggi di India.

5. Radhakishan Damani

Kekayaan Bersih: USD20 miliar
Sumber Kekayaan: Ritel, Investasi
Kota: Mumbai

Investor pasar saham veteran terjun ke ritel dua dekade lalu dengan satu toko kelontong dan membangunnya menjadi jaringan supermarket Avenue Supermarts, yang mengoperasikan 271 toko D-Mart di seluruh negeri.

Damani bersama dengan saudaranya Gopikishan, yang juga seorang miliarder, dilaporkan membeli sebuah rumah di Mumbai selatan tahun lalu dengan harga lebih dari USD100 juta.

6. Lakshmi Mittal

Kekayaan Bersih: USD17.9 miliar
Sumber Kekayaan: Baja
Kota: London

Kenaikan harga baja mendorong kekayaan chairman eksekutif ArcelorMittal, raksasa baja senilai USD76,6 miliar. Perusahaan melaporkan laba bersih sebesar USD15 miliar pada tahun 2021, dibandingkan dengan kerugian USD733 juta pada tahun sebelumnya.

7. Savitri Jindal

Kekayaan bersih: USD17.7 miliar
Sumber kekayaan: Baja
Kota: Hisar

Jindal, chairman emeritus kelompok O.P.Jindal, konglomerat baja dan listrik yang dinamai menurut nama mendiang suaminya, mendapat manfaat dari meningkatnya saham perusahaan grup JSW Steel dan JSW Energy.

Terakhir naik hampir empat kali lipat sejak tahun lalu. Kedua perusahaan dijalankan oleh putranya yang berbasis di Mumbai, Sajjan Jindal.

8. Kumar Birla

Kekayaan Bersih: USD16.5 miliar
Sumber Kekayaan: Komoditas
Kota: Mumbai

Birla telah memimpin Aditya Birla Group senilai USD45 miliar, grup konglomerat yang dinamai berdasarkan almarhum ayahnya, sejak 1995. Tahun lalu, Birla mengundurkan diri sebagai chairman perusahaan telekomunikasi Vodafone Idea yang kekurangan utang dan terus merugi.

Perusahaan yang dibentuk oleh merger 2018 antara Idea Cellular dan Vodafone Group, dilaporkan menawarkan untuk menyerahkan sahamnya kepada pemerintah. Lini bisnius ritel dari group ini kabarnya belum lama membeli operasional Reebok di India.

9. Dilip Shanghvi

Kekayaan Bersih: USD15.6 miliar
Sumber Kekayaan: Farmasi
Kota: Mumbai

Shanghvi Sun Pharmaceuticals adalah pembuat obat generik khusus terbesar keempat di dunia dan perusahaan farmasi paling berharga di India. Sun mendapat dua pertiga dari pendapatan sebesar USD4,5 miliar dari pasar internasional.

Pada bulan Maret, perusahaan setuju membayar USD485 juta untuk menyelesaikan gugatan lama AS terhadap anak perusahaan Ranbaxy Laboratories, yang diakuisisi pada tahun 2014. Shanghvi yang mendirikan Sun pada tahun 1983 membuat obat-obatan psikiatri, dan masih menjalankan perusahaan sebagai direktur pelaksana.

10. Uday Kotak

Kekayaan Bersih: USD14.3 miliar
Sumber Kekayaan: Perbankan
Kota: Mumbai

Bankir ini membangun sendiri harta kekayaannya dengan mengubah perusahaan keuangannya menjadi Kotak Mahindra Bank, setelah mendapatkan lisensi perbankan 19 tahun yang lalu.

Ia termasuk Investor di dalam Dewan Investasi Rencana Pensiun Kanada. Kotak, yang ditunjuk oleh pemerintah pada 2018 sebagai chaorman non-eksekutif pemberi pinjaman yang kekurangan utang Infrastructure Leasing &Financial Services, memilih mengundurkan diri April ini.

(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1950 seconds (0.1#10.140)