Hipmi: Jelang Pemilu dan AEC, Indonesia harus siap

Kamis, 18 April 2013 - 12:02 WIB
Hipmi: Jelang Pemilu dan AEC, Indonesia harus siap
Hipmi: Jelang Pemilu dan AEC, Indonesia harus siap
A A A
Sindonews.com - Ketua umum BPP Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Raja Sapta Oktohari mengatakan, pada prinsipnya acara Indonesian Young Leader Forum II 2013 diadakan sebagai pengingat dua hal, yaitu menjaga stabilitas nasional dan kesiapan Indonesia dalam menyambut ASEAN Economic Community (AEC).

"Bahwa tahun ini adalah tahun politik dan acara ini (Indonesian Young Leader Forum II 2013), sebagai pengingat bahwa kita harus menjaga stabilisasi nasional dan tidak boleh mudah terprovokasi karena di 2014 dan 2015 ada dua agenda penting yaitu Pemilu 2014 dan AEC 2015," ujarnya di Hotel Ritz Carlton Pacific Place Jakarta, Kamis (18/4/2013).

Menyadari kondisi tersebut, menurut Okto, ada dua kunci yang harus dijaga yaitu stabilitas nasional dan kesiapan menghadapi AEC serta menghimbau semua pihak menjaga dua hal tersebut.

"Stabilitas dipengaruhi kenyataan yang ada dan keadaan yang nyata. Kepentingan bersama dari kepentingan politik dan untuk kejujuran demi kepentingan bangsa dan negara dibandingkan golongan. Tingkat kesadaran akan hal ini adalah kata kuncinya," lanjutnya.

Okto menambahkan, meskipun AEC adalah bentuk kerja sama negara ASEAN, namun secara tidak langsung AEC adalah kompetisi dagang ASEAN dan mengimbau Indonesia agar mempersiapkan diri dalam menghadapi kompetisi tersebut.

"Kita harus bekerjasama dalam satu tim terutama menyusun persepsi antara pemerintah dan pelaku usaha dan juga merasa perlu kemitraan antara BUMN dan pengusaha nasional," tukasnya.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4756 seconds (0.1#10.140)