ID Food Jamin Tidak Ada Kelangkaan Daging Sapi hingga Lebaran

Sabtu, 16 April 2022 - 08:00 WIB
loading...
ID Food Jamin Tidak Ada Kelangkaan Daging Sapi hingga Lebaran
Ilustrasi penjual daging sapi. FOTO/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Holding Pangan ID Food pastikan pasokan pangan di Indonesia akan tersedia dan aman selama puasa hingga lebaran, seperti daging sapi , beras, garam, ikan, dan minyak goreng.

"Kami bisa pastikan untuk lebaran tahun ini aman terkendali dan harganya tidak bergejolak, memang saat kita bicara beberapa komoditi seperti minyak goreng, ada faktor naiknya harga komoditi global," kata Direktur Utama Holding Pangan ID Food Frans Marganda Tambunan, Sabtu (16/4/2022).



Frans menerangkan, mengenai minyak goreng, hingga 14 April 2022, ID Food telah mendistribusikan hingga 26 juta liter melalui pasar rakyat ke beberapa wilayah seluruh Indonesia. Dengan rincian, minyak goreng curah sebanyak 22.032.189 liter, minyak goreng kemasan sebanyak 4.076.868 liter dan jeriken sebanyak 34.660 liter.

Sedangkan bahan pangan lainnya seperti gula dan garam, Frans menuturkan bahwa mungkin akan ada peningkatan komoditi sembako sebanyak 30-40% jika dibandingkan dengan sebelum puasa.

"Saat kita bicara garam konsumsi, Indonesia itu sudah surplus dan sudah bisa memenuhi kebutuhannya sendiri, dan itu yang dilakukan oleh anak perusahaan kami PT Garam," terangnya.

Direktur Komersial PT RNI / Holding Pangan ID Food Ardiansyah Chaniago mengatakan, ID Food menjaga ketersediaan pasokan gula dengan bekerja sama dengan berbagai pihak seperti PTPN III Holding untuk pendistribusian ke pasar dan seluruh pelanggan ID Food.

"Pasokan gula ke beberapa wilayah Indonesia normal, kecuali di wilayah indonesia Timur seperti NTT, NTB hingga Papua yang saat ini kami bekerja sama dengan APRINDO dalam pendistribusiannya," jelas Ardiansyah.

Lanjut Frans menjelaskan, untuk komoditas daging dipastikan ketersediaannya aman karena pihaknya terus memantau pendistribusian melalui PT Berdikari.

"Melalui anak perusahaan kami PT Berdikari, kami juga memobilisasi ternak atau sapi lokal yang berasal dari Jawa Timur dan NTB untuk kami bawa ke sentra konsumen di Jakarta dan sekitarnya, selain itu juga ada stok sapi hidup import Australia untuk dilakukan penggemukan dan nanti siap untuk didistirbusikan menjelang lebaran," ucap Frans.

Baca Juga: Jabat Kepala Badan Pangan Nasional, Ini Rekam Jejak Arief Prasetyo Adi

Mengenai kegiatan Ekspor, Frans menyampaikan bahwa sekarang Holding Pangan ID Food ingin memfokuskan untuk kegiatan ekspor produk ikan melalui PT Perikanan Indonesia member of ID Food. Hal ini juga untuk mengimbangi transaksi impor dan ekspor di Indonesia.

"Produk perikanan di Indonesia potensi untuk ekspor, tahun ini kami menargetkan untuk ekspor produk-produk perikanan itu Rp80 miliar dibandingkan tahun lalu sekitar Rp20 miliar," ungkapnya.

(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1464 seconds (0.1#10.140)