Turun Langsung ke Sumatera Barat, Kementan Pastikan Ketersediaan Bahan Pangan Pokok Aman

Minggu, 17 April 2022 - 16:57 WIB
loading...
A A A
Dikatakannya, TTIC sangat modern dan fasilitasnya cukup bersih, bagus dan tertata rapi. "Kami melihat 12 bahan pokok di sini harga produsen, sehingga sangat menarik warga masyarakat untuk menjadikan TTIC alternatif untuk berbelanja," ucap Indah.

Menurut Indah, TTIC Dinas Pangan Sumbar salah satu toko Tani terbaik di Indonesia. "TTIC Sumbar akan kami upayakan bantuan permodalan melalui KUR, sehingga ketersediaan dan keterjaminan bahan pokok terpenuhi," tegas dia.

Menurut Indah, koordinasi yang baik antara pusat dan daerah menjadikan stabilitas harga dan ketersediaan stok bahan pangan terpenuhi. Sejauh ini, kata dia, Kementan ingin memastikan stok dan harga pangan 12 bahan pokok terjaga serta mampu memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia. "Sinergi pusat dan daerah terus kami jalin agar semua bisa ter-monitor dengan baik," katanya.

Kepala Dinas Pangan Provinsi Sumbar Effendi mengatakan, sejauh ini stok dan distribusi daging masih tercukupi. "Gejolak kenaikan harga pun tidak terlalu tinggi. Semua terus kami lakukan monitoring setiap hari, gerak cepat tanggap kami bila ada permasalahan yang terjadi," ujarnya.

Dikatakannya, bahan pokok lain masih terpantau aman baik stok maupun harga semua masih stabil, kenaikan yang terjadi masih wajar dan tidak meroket.

Rully Pedagang sembako di Pasar Raya Sumbar memberikan keterangan bahwa stok dan harga cenderung stabil hingga saat ini. "Pasokan dari distributor pun semua masih lancar. Daya beli masyarakat mulai meningkat dibanding tahun kemarin," imbuhnya.

Ibu Net Pedagang Cabai dan Bawang mengatakan, stok dan distribusi cabai dan bawang masih aman serta harga masih relatif stabil. "Tidak ada kenaikan yang signifikan dari kedua bahan tersebut," katanya.

Sedangkan Riri salah satu pengunjung Pasar Raya memberikan keterangan bahwa stok aman dan harga masih stabil. "Ada beberapa kenaikan, namun tidak begitu jauh naiknya," pungkasnya. CM
(ars)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1369 seconds (0.1#10.140)