Penyaluran BLT Minyak Goreng Capai 95,7% dalam 10 Hari

Sabtu, 23 April 2022 - 23:01 WIB
loading...
Penyaluran BLT Minyak Goreng Capai 95,7% dalam 10 Hari
Sejumlah warga mengantre pembagian bantuan langsung tunai (BLT) minyak goreng di Pos Bloc, Jakarta Pusat, Jumat (22/4/2022).
A A A
JAKARTA - PT Pos Indonesia (Persero) berhasil merealisasikan penyaluran bantuan langsung tunai (BLT) minyak goreng sekitar 95,7% dari total 18,3 keluarga penerima manfaat (KPM) di seluruh Indonesia. Penyaluran sekitar 95,7% tersebut hanya dalam waktu 10 hari.

Dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (23/4/2022), Direktur Utama PT Pos Indonesia Faizal Rochmad Djoemadi mengaku bersyukur bisa mencapai penyaluran sebanyak itu hanya dalam tempo 10 hari saja.

“Alhamdulillah, menurut data yang kita miliki penyaluran BLT minyak goreng sudah tercapai 95,7% dari total 18,3 juta KPM hanya dalam waktu 10 hari. Alhamdulillah, ini rekor baru,” kata Faizal.

(Baca juga:Pastikan BLT Minyak Goreng Tanpa Penyimpangan)

Dengan demikian, kata Faizal, tersisa sekitar satu pekan ke depan sebelum tenggat target penyaluran BLT minyak goreng sebelum Lebaran. Walau demikian, Faizal tak yakin penyaluran akan mencapai 100% karena berbagai faktor.

“Kita masih punya waktu satu minggu hingga Jumat pekan depan. Insya Allah kita berharap mendekati 100%, walaupun kemungkinan besar tidak 100%. Sebab berdasarkan histori penyaluran sebelumnya, selalu ada KPM yang alamatnya tidak ditemukan, sudah meninggal, atau pulang kampung. Biasanya data tersebut kita serahkan kepada Kemensos, kemudian akan diolah oleh Kemensos untuk menjadi pertimbangan pada penyaluran berikutnya,” ujar Faizal.

(Baca juga:Jokowi Umumkan BLT Minyak Goreng Rp100 Ribu)

Diakui Faizal, penyaluran BLT minyak goreng kali ini penuh tantangan karena hanya diberi waktu penyaluran sekitar dua pekan saja. “Tantangan luar biasa karena penyaluran sebelumnya kita punya waktu lebih dari dua minggu. Penyaluran BLT minyak goreng ini lebih pendek waktunya. Kita menyiasati dengan memperbanyak titik penyaluran, menambah tenaga juru bayar, dan memperpanjang jam pelayanan,” katanya.

Upaya Pos Indonesia menggenjot target penyaluran secepatnya agar bansos bisa diterima KPM, membuahkan hasil. Para penerima sangat senang mendapatkan BLT minyak goreng senilai Rp300.000 untuk tiga bulan, dan bansos sembako Rp200.000, sehingga total yang diterima sebanyak Rp500.000.

Salah satu KPM Enna Zaenah, warga Batu Ceper, Kebon Kelapa, Jakarta Pusat, menuturkan rasa syukur tak terhingga karena menerima bansos di tengah situasi perekonomian sulit.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2646 seconds (0.1#10.140)