Pasokan Gas Rusia Dihentikan, Polandia Ajak Jerman Ikut Larangan Impor Energi Moskow

Kamis, 28 April 2022 - 08:05 WIB
loading...
Pasokan Gas Rusia Dihentikan, Polandia Ajak Jerman Ikut Larangan Impor Energi Moskow
Merespons pemutusan pasokan gas Rusia, Wakil Menteri Luar Negeri Polandia, Marcin Przydacz mengatakan, Moskow tidak bisa diandalkan sebagai mitra bisnis dalam bidang apapun. Foto/Dok
A A A
WARSAWA - Merespons pemutusan pasokan gas Rusia , Wakil Menteri Luar Negeri Polandia, Marcin Przydacz mengatakan, Moskow tidak bisa diandalkan sebagai mitra bisnis. Diterangkan sebenarnya Polandia telah berencana menghentikan ketergantungan terhadap gas Rusia pada akhir tahun ini.

"Penangguhan tersebut membuktikan Moskow bukan mitra yang dapat diandalkan dalam bisnis apapun," ucap Marcin Przydacz seperti dilansir BBC.



Lebih lanjut Ia mendesak, negara-negara Eropa lainnya seperti Jerman untuk mendukung larangan impor energi Rusia . Sambung dia menambahkan, Polandia sudah berencana menghentikan impor gas Rusia pada akhir tahun, ketika kontrak pasokan jangka panjangnya dengan Gazprom berakhir.

Perusahaan gas Polandia, yakni PGNiG mengatakan, penyimpanan gas bawah tanahnya hampir 80% penuh dan dengan mendekatnya musim panas, permintaan diproyeksi lebih rendah. Polandia juga memiliki sumber pasokan alternatif, termasuk terminal gas alam cair (LNG) di Swinoujscie.

Pada 1 Mei, sambungan pipa gas baru dengan Lituania juga akan dibuka yang akan memberikan Polandia akses gas dari terminal LNG Lituania.
Dan pipa baru yang mengirimkan gas dari Norwegia, yang dikenal sebagai "Pipa Baltik", mulai beroperasi pada bulan Oktober.

Ini akan mencapai kapasitas penuh pada akhir tahun dan dapat menggantikan semua pengiriman Rusia. Pemotongan pasokan gas tidak berarti Polandia bakal mengalami krisis.



Dalam beberapa tahun terakhir, Polandia telah mengurangi ketergantungannya pada gas Rusia dan sekarang membeli LNG dari Qatar dan jaringan pipa menghubungkan negara itu ke pasar Eropa. Ditambah lagi musim dingin sudah berakhir, sehingga permintaan diyakini lebih rendah.

Tapi Gazprom memasok lebih dari setengah dari semua impor gas Polandia. Hal itu menjadi lubang besar untuk diisi. Dan Polandia bukan satu-satunya negara Uni Eropa yang sekarang berusaha untuk berhenti membeli energi Rusia.

(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5180 seconds (0.1#10.140)