10 Wirausaha Sosial Siap Berkontribusi pada Masyarakat Marjinal

Kamis, 28 April 2022 - 13:19 WIB
loading...
10 Wirausaha Sosial Siap Berkontribusi pada Masyarakat Marjinal
Para finalis I-SEA dapat menginspirasi wirausaha sosial lain. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - IKEA Social Entrepreneurship, IKEA Indonesia, dan Instellar secara resmi memperkenalkan 10 wirausaha sosial terpilih untuk program Instellar & IKEA Social Entrepreneurship Indonesia Accelerator (I-SEA). Para finalis I-SEA telah menjalani serangkaian program awal internal yang bertujuan sebagai landasan pengetahuan untuk lebih mengenal program dan mereka yang terlibat di dalamnya.



Program internal ini meliputi Welcome Summit, Workshop System Change Builder, dan Networking Week, hingga Business Diagnostic Onboarding. Ada juga “IKEA Days”, pada 20-21 April 2022, saat finalis I-SEA mendapat lebih banyak wawasan dari IKEA co-workers yang berbagi sesi menarik tentang sebuah merek global bekerja dengan asas keberlanjutan dan desain demokratis.

IKEA Social Entrepreneurship merupakan inisiatif global oleh IKEA yang fokus pada kegiatan-kegiatan pemberdayaan wirausaha sosial dari seluruh dunia. Bekerja sama dengan Instellar Indonesia, perusahaan yang memiliki fokus pada pengadaan kegiatan-kegiatan pengembangan kapasitas untuk wirausaha dan bisnis sosial, I-SEA memberi kesempatan kepada 10 wirausahawan sosial ini untuk bergabung dan mengambil langkah untuk meningkatkan usaha mereka guna mencapai visi dan misi membangun bisnis dalam masyarakat yang setara dan inklusif.

I-SEA adalah program yang fokus menciptakan peluang bagi para wirausaha sosial agar bisa meningkatkan skala dampak positif bagi lingkungan dan masyarakat Indonesia. Program ini juga bertujuan untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat marginal.

Finalis I-SEA aktif di empat sektor: ekonomi sirkular, pengelolaan sampah, pertanian, dan logistik. Mereka adalah Duitin, Greenie, Koinpack, Kulaku Indonesia, Liberty Society, Plepah, Qyos, Rumah Mocaf, Sustaination, dan Westbike Messenger. Para peserta yang hadir dalam talkshow berkesempatan untuk mendengarkan pengalaman para wirausahawan sosial ini.



“Di dunia yang penuh dengan tantangan besar, kolaborasi dan pembelajaran bersama adalah kunci. Kami merasa senang dapat bekerja sama dengan Intellar, untuk mendukung, mempercepat, dan belajar dari wirausaha sosial yang berpartisipasi dalam Indonesia Accelerator (I-SEA) ini,” ujar Åsa Skogström Feldt, Managing Director, IKEA Social Entrepreneurship BV, dikutip Kamis (28/4/2022).

“IKEA memiliki visi untuk menciptakan kehidupan sehari-hari yang lebih baik bagi banyak orang. Sebagai perusahaan yang berkomitmen untuk memberikan kontribusi positif bagi masyarakat dan lingkungan, kami sangat senang dapat bekerja sama dengan Instellar dalam program I-SEA,” kata timpal Patrik Lindvall, Presiden Direktur PT Rumah Mebel Nusantara (IKEA Indonesia).

Menurut Patrik, IKEA melihat nilai dan potensi besar yang sama dari 10 wirausaha sosial terpilih. Bekerja sama dengan mereka, pihaknya yakin dapat menginspirasi wirausaha sosial lain untuk meningkatkan bisnis mereka, dan orang lain untuk memulai bisnis sendiri.

"Secara bertahap, kami yakin program ini akan mempercepat peningkatan kualitas dan kuantitas wirausaha sosial di Indonesia,” tambah Patrik.



Sejalan dengan visi IKEA untuk menciptakan kehidupan sehari-hari yang lebih baik bagi banyak orang, IKEA Social Entrepreneurship dan IKEA Indonesia, bersama dengan Instellar sebagai mitra implementasi, mendukung, memberdayakan, dan mempercepat perkembangan wirausaha sosial di Indonesia melalui program I-SEA. Program ini akan membuka peluang yang lebih besar, tidak hanya untuk 10 wirausaha sosial terpilih tetapi juga untuk masyarakat.
(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1576 seconds (0.1#10.140)