Importir bandel jadikan kontainer sebagai gudang

Selasa, 09 Juli 2013 - 11:35 WIB
Importir bandel jadikan kontainer sebagai gudang
Importir bandel jadikan kontainer sebagai gudang
A A A
Sindonews.com - Wakil Menteri Keuangan, Mahendra Siregar mengatakan, ada beberapa oknum importir yang sengaja memanfaatkan murahnya biaya longstay kontainer di pelabuhan Tanjung Priok. Dengan kata lain, waktu inap barang (dwelling time) pelabuhan dimanfaatkan sebagai gudang dengan menumpuk kontainer dalam waktu lama.

"Ya, memang ada yang memanfaatkan, karena biaya relatif murah dibanding menyewa gudang di luar kawasan (pelabuhan). Ada juga yang memang bermasalah terkait larangan/pembatasan impor (lartas), tapi kemudian karena persoalan tidak selesai jadi numpuk di situ," ujarnya di pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Senin (8/7/2013) malam.

Mahendra menyebut hal itu menyebabkan penumpukkan kontainer yang ujung-ujungnya mengganggu mobilitas barang di pelabuhan Tanjung Priok. "Tapi lepas apapun alasannya, dia mengganggu mobilitas arus barang yang ada di pelabuhan," katanya.

Dia mengungkapakan, sebenarnya sudah ada sanksi terkait importir bandel tersebut, tetapi mungkin besaran sanksinya belum sebanding.

"Kami tadi dapat informasi, melihat besaran sanksinya, tetapi mungkin besarannya belum sebanding untuk memacu importir cepat mengeluarkan barang," tandas Mahendra.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3317 seconds (0.1#10.140)