Perang Rusia-Ukraina Disebut Jadi Kambing Hitam Sempurna Atas Masalah Ekonomi Global

Rabu, 04 Mei 2022 - 10:00 WIB
loading...
Perang Rusia-Ukraina Disebut Jadi Kambing Hitam Sempurna Atas Masalah Ekonomi Global
Sudah tiga bulan perang Rusia-Ukraina berlangsung. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Perang Rusia-Ukraina sekarang memasuki bulan ketiga, dan terus berdampak pada banyak negara di berbagai bidang, seperti ketahanan energi, ketahanan pangan, mitigasi perubahan iklim, dan bahkan geopolitik .



Mengutip Business Daily, Rabu (4/5/2022), ketika Rusia menginvasi Ukraina pada 24 Februari tahun ini, dunia sudah berjuang dengan harga barang yang tinggi, termasuk energi dan makanan. Pasalnya, rantai pasokan yang terputus dua tahun oleh pandemi Covid-19.

Ketika perang Ukraina dimulai, harga minyak sudah di atas USD100 dan harga pangan sedang naik. Perang secara khusus telah mengganggu pasokan besar biji-bijian dan benih minyak goreng dari lahan pertanian yang luas di Ukraina dan Rusia, membuat krisis pangan global lebih terasa.

"Memang, krisis Ukraina baru-baru ini menjadi kambing hitam yang kredibel untuk berbagai masalah ekonomi yang muncul di seluruh dunia," tulis laporan George Wachira.

Krisis Ukraina berdampak pada rantai pasokan minyak dan gas global: perang telah memaksa Eropa untuk merombak pasokan energinya dan menggunakan strategi untuk memotong permintaan Uni Eropa atas gas Rusia hingga dua pertiga pada akhir tahun ini dan sepenuhnya pada akhir tahun ini.

Terkait minyak, Eropa berencana untuk menghentikan impor dari Rusia dalam beberapa tahun ke depan, setelah menghentikan impor batu bara. Perubahan ini dimotivasi oleh kebutuhan Eropa untuk mengurangi risiko nyata Rusia menggunakan ekspor minyak dan gas sebagai senjata politik.

Memang, minggu lalu Rusia memotong pasokan gas ke Polandia dan Bulgaria dalam upaya untuk menegakkan pembayaran impor gas dalam rubel, upaya Rusia untuk membalas Uni Eropa sehubungan dengan sanksi ekonomi yang dikenakan pada Rusia oleh Barat.

Dari sudut pandang mitigasi perubahan iklim, krisis Rusia-Ukraina telah menjadi berkah tersembunyi karena Eropa mempercepat rencana transisi energinya ke energi terbarukan (angin, surya, nuklir) untuk menggantikan impor bahan bakar fosil dari Rusia.

Tentu saja ada debat iklim lantaran beberapa negara Eropa meningkatkan penggunaan batubara lokal untuk menggantikan gas dari Rusia. Sehubungan dengan keamanan energi global (ketersediaan dan keterjangkauan) perang Rusia-Ukraina telah menjadi salah satu dari beberapa faktor global yang menjaga harga minyak di atas USD100 per barel.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2130 seconds (0.1#10.140)