Perang Rusia-Ukraina Disebut Jadi Kambing Hitam Sempurna Atas Masalah Ekonomi Global

Rabu, 04 Mei 2022 - 10:00 WIB
loading...
A A A
Faktor lain yang memaksa harga turun adalah penutupan pandemi Covid yang sedang berlangsung di China yang telah mengurangi permintaan minyak dan tekanan pada harga. Di saat negara-negara Barat menghindari minyak Rusia, ada negara-negara di Timur yang meningkatkan impor minyak Rusia yang sangat didiskon.



Pada dasarnya negara-negara ini mengangkat lebih sedikit minyak Timur Tengah, yang pada gilirannya menjadi tersedia bagi negara-negara Eropa yang telah memilih untuk memboikot minyak Rusia. Permainan logistik penyeimbang yang mungkin menyeimbangkan ketersediaan minyak global secara keseluruhan dan menstabilkan harga di atas USD100.

Pasokan gas perpipaan dari Rusia kurang fleksibel dibandingkan minyak untuk diganti dengan pasokan dari sumber alternatif. Investasi infrastruktur telah dimulai untuk meningkatkan kapasitas fasilitas penerima LNG (liquefied natural gas) di Eropa.

Amerika Serikat sedang mengumpulkan pasokan LNG ke Eropa dan telah menjadi penerima manfaat terbesar dari boikot gas Rusia yang sedang berlangsung oleh Eropa.

Menanggapi invasi Rusia ke Ukraina, perusahaan minyak besar barat (Exxon, Shell, BP, Total Energies) menarik modal mereka dari industri minyak dan gas Rusia, sebuah perkembangan dengan implikasi signifikan pada posisi Rusia di masa depan sebagai produsen minyak dan gas global utama.

"Ini juga merupakan mitigasi perubahan iklim plus karena produksi bahan bakar fosil global akan berkurang. Kecuali tentu saja ada pengganti modal produksi yang setara dari China," ungkap George.

Mungkin konsekuensi paling mengerikan dari krisis Rusia-Ukraina yang sedang berlangsung adalah kembalinya aliansi geopolitik yang terpolarisasi, dengan loyalitas kepada Barat (AS dan Eropa) atau Timur (Rusia dan Cina), yang menandakan kembalinya model geopolitik “perang dingin”.



Hal ini dapat memecah belah dan merusak globalisasi ekonomi yang telah memfasilitasi perdagangan dan investasi global selama tiga dekade terakhir. Jika permusuhan geopolitik baru muncul dan bertahan, menjaga netralitas oleh berbagai negara akan menjadi kesulitan diplomasi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1363 seconds (0.1#10.140)