LTLS Gelar RUPS Tahunan, Agenda Penting Ini Bakal Dibahas

Rabu, 11 Mei 2022 - 07:51 WIB
loading...
LTLS Gelar RUPS Tahunan, Agenda Penting Ini Bakal Dibahas
Direksi PT Lautan Luas Tbk (LTLS) mengumumkan kepada para Pemegang Saham Perseroan, bahwa Perseroan akan mengadakan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) dan RUPSLB Perseroan pada hari Jumat, 3 Juni 2022. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Direksi PT Lautan Luas Tbk (LTLS) mengumumkan kepada para Pemegang Saham Perseroan, bahwa Perseroan akan mengadakan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) dan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) Perseroan pada hari Jumat, 3 Juni 2022.

"Kami berencana mengadakan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) pada tanggal 3 Juni 2022 untuk membahas pencapaian pada tahun 2021," jelas Investor Relations Lautan Luas, Eurike Hadijaya.

Selain membahas pencapaian pada tahun 2021, rencananya manajemen Lautan Luas juga akan membahas mengenai pembagian dividen , alokasi dividen dan waktu pelaksanaannya.



Dalam lima tahun terakhir, LTLS telah membagikan dividen dengan rasio pembayaran dividen (dividend payout ratio) di kisaran 30%. Pembagian dividen menunjukan bahwa pertumbuhan berkelanjutan bisnis perseroan sejalan dengan arahan strategis jangka panjang yang telah dirancang sebelumnya.

Emiten pemasok bahan kimia dasar dan khusus di Indonesia, LTLS juga membukukan pendapatan sebesar Rp 6,6 triliun di sepanjang tahun 2021. Capaian itu naik 18,6% dari pendapatan di tahun 2020 yang sebesar Rp 5,6 triliun. Adapun pada perdagangan Kamis, 28 April 2022 saham LTLS di tutup pada angka 920.

Dengan kenaikan penjualan dan segala efisiensi biaya dilakukan terjadi peningkatan laba bersih. LTLS membukukan laba bersih senilai Rp279,6 miliar. Atau meningkat 271,7% dari Rp75,2 miliar secara tahunan atau year on year (yoy).

Sesuai dengan ketentuan Pasal 23 ayat (2) POJK 15/2020, pemegang saham yang berhak hadir atau diwakili dalam Rapat adalah pemegang saham yang namanya tercatat dalam Daftar Pemegang Saham Perseroan pada Rabu, 11 Mei 2022 sampai dengan 16.00 WIB pada PT Datindo Entrycom, Biro Administrasi Efek Perseroan, yang berkedudukan di Jakarta dan beralamat di Jl. Hayam Wuruk No. 28, Jakarta 10120.

Sesuai dengan ketentuan Pasal 23 ayat (2) POJK 15/2020, pemegang saham yang berhak hadir atau diwakili dalam Rapat adalah pemegang saham yang namanya tercatat dalam Daftar Pemegang Saham Perseroan pada Rabu, 11 Mei 2022 sampai dengan 16.00 WIB pada PT Datindo Entrycom, Biro Administrasi Efek Perseroan, yang berkedudukan di Jakarta dan beralamat di Jl. Hayam Wuruk No. 28, Jakarta 10120.

Setiap usul Pemegang Saham Perseroan akan dimasukkan dalam acara Rapat jika memenuhi persyaratan dalam Pasal 18 ayat (23), (24) dan (25) Anggaran Dasar Perseroan dan Pasal 16 POJK 15/2020.

Pertama, telah diajukan secara tertulis kepada Direksi Perseroan oleh 1 (satu) atau lebih pemegang saham yang memiliki sedikitnya 1/20 (satu per dua puluh) dari jumlah seluruh saham dengan hak suara yang sah. Kedua, usul tersebut telah diterima Direksi sekurang-kurangnya 7 (tujuh) hari sebelum pemanggilan Rapat dikeluarkan.

Ketiga, usulan tersebut dilakukan dengan itikad baik, mempertimbangkan kepentingan Perseroan, disertai alasan dan bahan usulan acara Rapat dan tidak bertentangan dengan peraturan perundang-undangan. Keempat, merupakan mata acara yang membutuhkan keputusan Rapat Umum Pemegang Saham.

Jalankan Terus Bisnis Kinerja Berkelanjutan

Meskipun di tengah kondisi kenaikan suku bunga, LTLS tetap optimis akan tetap mempertahankan efisiensi biaya keuangan. Pertama, dengan kenaikan peringkat kredit korporasi perseroan oleh Pefindo maka diharapkan beban dana (cost of fund) mampu lebih rendah dari sebelumnya.

Penaikan peringkat tersebut terjadi pada Obligasi Berkelanjutan II Tahap I tahun 2017, Obligasi Berkelanjutan II Tahap II Seri B tahun 2017, Obligasi Berkelanjutan III Tahap I Seri A dan B tahun 2020, dan Obligasi Berkelanjutan III Tahap II Seri A dan B tahun 2021 menjadi “IdA” dari sebelumnya yaitu “IdA-“.

Kedua, untuk kebutuhan jangka panjang sudah mencukupi, sebab LTLS telah berhasil menerbitkan obligasi (bonds) di akhir tahun lalu. Ketiga, jumlah hutang/leverage yang semakin membaik.

Sebagai catatan, Lautan Luas telah melayani para pelanggannya selama lebih dari 70 tahun dengan menyediakan produk dan layanan berkualitas tinggi.

Saat ini, Perseroan telah berkembang menjadi distributor dan perusahaan manufaktur bahan kimia dasar dan khusus yang telah menjalin kerja sama dengan lebih dari 100 pemasok internasional, memasok lebih dari 1.000 produk kimia dan melayani lebih dari 2.000 konsumen di bidang industrial di seluruh Indonesia dan kawasan Asia-Pasifik.



Torehan sejarah panjang tersebut tidak terlepas dari komitmen Perseroan untuk mempertahankan kinerja secara berkelanjutan. Selain kinerja ekonomi, kinerja sosial dan lingkungan, Perseroan juga turut berkontribusi terhadap kinerja berkelanjutan.

Perseroan berkomitmen untuk meningkatkan kehidupan yang bermanfaat bagi masyarakat pada umumnya dengan berperan aktif dalam pembangunan berkelanjutan, melalui 4 (empat) pilar kegiatan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Perseroan.

Empat pilar kegiatan TJSL yang dilaksanakan oleh Lautan Luas di level group dan anak perusahaan di antaranya adalah Pemberdayaan Komunitas, Pendidikan, Pengembangan Mata Pencaharian dan Kegiatan Sosial Lainnya.

Perseroan senantiasa menerapkan tata kelola yang baik sehingga menghasilkan nilai ekonomi jangka panjang yang berkesinambungan bagi para pemegang saham maupun pemangku kepentingan. Perseroan meyakini bahwa penerapan prinsip-prinsip tata kelola perusahaan yang baik dapat berkontribusi dalam peningkatan kinerja perusahaan.

Tahun 2022 menjadi momentum bagi Perseroan untuk terus mengambil dan memanfaatkan peluang yang ada. Selain itu, Perseroan telah mempersiapkan diri menghadapi berbagai tantangan dalam menjalankan bisnis berkelanjutan pada tahun 2022.

(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1699 seconds (0.1#10.140)