PM Italia Bocorkan Fakta Terbaru: Mayoritas Importir Gas Rusia Membuka Rekening dengan Rubel

Kamis, 12 Mei 2022 - 17:46 WIB
loading...
PM Italia Bocorkan Fakta Terbaru: Mayoritas Importir Gas Rusia Membuka Rekening dengan Rubel
Perdana Menteri Italia, Mario Draghi mengungkapkan fakta seputar perusahaan-perusahaan Eropa yang bisa membayar gas Rusia dengan mata uang Rubel tanpa melanggar sanksi. Foto/Dok
A A A
ROMA - Perdana Menteri Italia , Mario Draghi mengatakan, perusahaan-perusahaan Eropa bisa membayar gas Rusia dengan mata uang Rubel tanpa melanggar sanksi. Tampaknya Italia mengabaikan aturan Uni Eropa yang mengatakan sebaliknya.

Seperti diketahui perusahaan-perusahaan Eropa tengah berjuang selama berminggu-minggu untuk mencari tahu bagaimana mereka dapat memenuhi permintaan Rusia untuk melakukan pembayaran dengan Rubel dan menjaga agar gas tetap mengalir tanpa melanggar sanksi yang dirancang untuk menghukum Moskow atas perang melawan Ukraina.



Pejabat Uni Eropa mengatakan, perusahaan harus tetap membayar dengan euro, dan membuka rekening bank Rubel akan melanggar aturan. Namun UE belum mengeluarkan instruksi tertulis secara rinci tentang bagaimana perusahaan harus membayar Gazprom PJSC.

“Tidak ada pernyataan resmi tentang apa artinya melanggar sanksi,” kata Draghi saat konferensi pers pada hari Rabu seperti dilansir Bloomberg.

"Tidak ada yang pernah mengatakan apapun tentang, apakah melakukan pembayaran dengan Rubel melanggar sanksi. Faktanya, sebagian besar importir gas telah membuka rekening mereka dalam rubel dengan Gazprom,” tambahnya.

Sebuah dekrit Rusia pada bulan Maret meminta perusahaan untuk membuka dua akun, satu dalam Euro dan satu dalam Rubel untuk menjadi sebuah langkah yang ditolak UE. Sejak arahan itu mencuat, ada sinyal dari Gazprom yang berusaha meyakinkan pembeli Eropa bahwa mereka dapat terus mendapatkan gas tanpa melanggar aturan UE.

Draghi juga mengatakan, bahwa importir gas utama Jerman telah membayar dengan Rubel. Seperti Italia, Jerman adalah konsumen besar gas Rusia.

“Sebenarnya kemarin kita lihat buktinya, saya kira sejak (Rabu) pagi ini, importir gas terbesar di Jerman sudah membayar ddengan rubel,” katanya.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2619 seconds (0.1#10.140)