Pupuk Kaltim Pastikan Tidak Ada Kelangkaan di Maros

Minggu, 21 Juni 2020 - 18:02 WIB
loading...
Pupuk Kaltim Pastikan Tidak Ada Kelangkaan di Maros
Pupuk Kaltim memastikan stok dan ketersediaan pupuk di Maros aman. FOTO/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - PT Pupuk Kaltim memastikan stok dan ketersediaan pupuk bersubsidi di Desa Mattirotasi, Kecamatan Maros Baru, Maros, Sulawesi Selatan dalam kondisi aman. Hal itu ditegaskan Kepala Pemasaran Sulsel Pupuk Kaltim Rangga Yuda Putra, menanggapi pemberitaan yang menyebutkan bahwa telah terjadi kelangkaan pupuk bersubsidi di desa tersebut.

"Telah Kami lakukan klarifikasi langsung kepada Ketua Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Desa Mattirotasi. Faktanya ternyata stok pupuk dan kebutuhan di Kecamatan Maros Baru dalamnl kondisi sangat cukup," ujarnya dalam keterangan rilisnya di Jakarta, Minggu (21/6/2020).

(BACA JUGA: Petani di Kabupaten Maros Keluhkan Pupuk Subsidi yang Langka)

Dia menjelaskan, Desa Mattirotasi dilayani oleh pengecer UD Hamzah, dimana tercatat telah menyalurkan 8 ton pupuk bersubsidi kepada para petani yang telah terdaftar dalam e-RDKK. Tercatat pula, saat ini stok Urea bersubsidi tersedia sebanyak 2 ton.

"Disamping itu tersedia juga stok pupuk non subsidi sebanyak 1,3 ton, sehingga jika alokasi tidak mencukupi, maka petani dapat menggunakan alternatif pupuk non subsidi," kata dia.

Sementara berdasarkan data stok gudang Pupuk Kaltim Makassar, untuk melayani Kabupaten Maros telah tersedia stok pupuk sebanyak 4.910 ton, jauh di atas ketentuan stok minimal yang sebesar 558 ton.

Terkait harga pupuk bersubsidi, sambung Rangga, sesuai keterangan dari lapangan, Kelompok Tani mengambil secara berkelompok di Kios sesuai Harga Eceran Tertinggi (HET) yang sesuai aturan yakni Rp90.000 per Sak (50 Kg).

"Produsen berkomitmen untuk memenuhi permintaan di lapangan sesuai alokasi dan hanya kepada petani yang terdaftar dalam e-RDKK seperti yang diamanahkan di Permentan No 10 Tahun 2020," tutupnya.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2743 seconds (0.1#10.140)