Mata Uang Garuda Berjaya di Lima Negara Ini

Selasa, 17 Mei 2022 - 17:27 WIB
loading...
Mata Uang Garuda Berjaya di Lima Negara Ini
Rupiah ternyata tak hanya digunakan di dalam negeri. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Rupiah ternyata tak hanya digunakan sebagai alat pembayaran di dalam negeri saja, tapi juga oleh sejumlah negara lain. Selain Indonesia, ada lima negara yang memakai mata uang garuda sebagai alat pembayaran untuk bertransaksi.

Baca juga: Cadangan Devisa Turun, Keran Ekspor Minyak Sawit Harus Dibuka Lagi

Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini lima negara yang menggunakan rupiah sebagai alat pembayaran.

1. Timor Leste

Meskipun secara administrasi sudah lama lepas dari wilayah Indonesia, dan rupiah bukan mata uang resminya, tapi sebagian masyarakat Timor Leste masih menggunakan rupiah sebagai alat pembayaran dalam beberapa transaksi.
Pasalnya, wilayah Timor Leste masih menempel dengan area Indonesia, sehingga memungkinkan masyarakatnya masih menggunakan rupiah. Tak hanya itu, dolar Amerika juga menjadi alat pembayaran selanjutnya.

2. Arab Saudi



Selain riyal, Arab Saudi juga menggunakan rupiah sebagai alat transaksi di negaranya, sebab Indonesia merupakan salah satu negara yang tak pernah absen mengirimkan jamaah haji dan umrah ke Tanah Suci. Selain itu juga banyak pekerja dan pedagang asal Indonesia di Arab Saudi. Semua itu seolah tak terpengaruh jarak yang jauh antara Arab Saudi dengan Indonesia, yang mencapai 7.898 km.



3. Thailand
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1840 seconds (10.101#12.26)