Mata Uang Garuda Berjaya di Lima Negara Ini

Selasa, 17 Mei 2022 - 17:27 WIB
loading...
Mata Uang Garuda Berjaya di Lima Negara Ini
Rupiah ternyata tak hanya digunakan di dalam negeri. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Rupiah ternyata tak hanya digunakan sebagai alat pembayaran di dalam negeri saja, tapi juga oleh sejumlah negara lain. Selain Indonesia, ada lima negara yang memakai mata uang garuda sebagai alat pembayaran untuk bertransaksi.



Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini lima negara yang menggunakan rupiah sebagai alat pembayaran.

1. Timor Leste

Meskipun secara administrasi sudah lama lepas dari wilayah Indonesia, dan rupiah bukan mata uang resminya, tapi sebagian masyarakat Timor Leste masih menggunakan rupiah sebagai alat pembayaran dalam beberapa transaksi.
Pasalnya, wilayah Timor Leste masih menempel dengan area Indonesia, sehingga memungkinkan masyarakatnya masih menggunakan rupiah. Tak hanya itu, dolar Amerika juga menjadi alat pembayaran selanjutnya.

2. Arab Saudi

Selain riyal, Arab Saudi juga menggunakan rupiah sebagai alat transaksi di negaranya, sebab Indonesia merupakan salah satu negara yang tak pernah absen mengirimkan jamaah haji dan umrah ke Tanah Suci. Selain itu juga banyak pekerja dan pedagang asal Indonesia di Arab Saudi. Semua itu seolah tak terpengaruh jarak yang jauh antara Arab Saudi dengan Indonesia, yang mencapai 7.898 km.



3. Thailand

Negeri Gajah Putih ini menggunakan rupiah sebagai mata uang yang bisa dipakai dan sah selain bath. Penyebabnya, banyak turis Indonesia yang melancong ke Thailand. Para pengelola wisata hingga tempat menjual oleh-oleh selalu menyediakan rupiah sebagai alat tukar transasksinya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5014 seconds (0.1#10.140)