Di Ajang Indonesia Visionary Leader X, Bupati Ogan Komering Ulu Timur Beberkan Pendorong Pertumbuhan Ekonomi

Kamis, 19 Mei 2022 - 17:16 WIB
loading...
Di Ajang Indonesia Visionary Leader X, Bupati Ogan Komering Ulu Timur Beberkan Pendorong Pertumbuhan Ekonomi
Bupati Ogan Komering Ulu Timur Lanosin Hamzah saat memaparkan capaian pertumbuhan ekonomi daerahnya. Foto/MPI
A A A
JAKARTA - Bupati Ogan Komering Ulu Timur Lanosin Hamzah menjadi salah satu peserta babak penjurian Indonesia Visionary Leader (IVL) sesi ke-10 yang diselenggarakan oleh MNC PORTAL pada Kamis (19/05/2022) di Gedung Sindo Jakarta. Dalam kesempatan itu Lanosin Hamzah membeberkan pertumbuhan ekonomi di daerahnya yang meningkat signifikan.



Lanosin Hamzah mengatakan, pertumbuhan ekonomi daerahnya di tahun 2021 mencapai 4,66%, berbanding jauh dengan tahun 2019 yang hanya 0,37%.

“Kami sampaikan, semenjak pandemi, angka pertumbuhan ekonomi di daerah kami meningkat dari sebelumnya di tahun 2019 di angka 0,37%, tapi di tahun 2022 naik hingga 4,66%,” kata Lanosin Hamzah secara virtual di acara IVL X.

Menurut Lanosin Hamzah, capaian itu menempatkan Ogan Komering Ulu Timur sebagai kabupaten dengan pertumbuhan ekonomi kedua tertinggi di Sumatra Selatan. Sejumlah sektor usaha menjadi pendorongnya, terutama sektor pertanian.

“Dan angka ini terbesar dan tertinggi kedua di Sumatra Selatan. (Pertumbuhan) ini didominasi oleh sektor pertanian. Selain itu juga didukung konstruksi, perdagangan, dan industri pengolahan,” ujarnya.



Lanosin Hamzah menambahkan sejumlah inovasi dan gebrakan demi kemudahan layanan perizinan terpadu satu pintu telah dilakukan untuk sektor industri, badan usaha, dan UMKM. Jajarannya juga terus berupaya agar sektor pertanian yang menjadi penopang utama tetap produktif.

“Kami terus menjaga agar sektor-sektor utama (terutama pertanian) tetap produktif dan aman serta beroperasi dengan baik. Kami juga terus mendorong belanja pemerintah,“ urainya.



Upaya lainnya adalah mendorong daya saing investasi dan optimalisasi local value chain dan melakukan penyaluran kredit melalui penguatan kelembagaan, sosialisasi, kemitraan UMKM dan koordinasi kelompok tani dengan seluruh OPD, Forkopimda, dunia usaha, akademisi, media massa dan kelompok masyarakat untuk ikut berpartisipasi mendorong pertumbuhan ekonomi.
(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1647 seconds (0.1#10.140)