Ngebut, Luhut Sebut Pemindahan Kantor Pemerintah ke Ibu Kota Baru Rampung Kuartal II/2024

Minggu, 22 Mei 2022 - 09:15 WIB
loading...
Ngebut, Luhut Sebut Pemindahan Kantor Pemerintah ke Ibu Kota Baru Rampung Kuartal II/2024
Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Pemerintah menargetkan proses pemindahan kantor-kantor utama pemerintahan pusat dari Jakarta ke Ibu Kota Negara (IKN) baru ‘Nusantara’ di Kalimantan Timur (Kaltim) rampung pada kuartal II/2024.

“Proses pemindahan kantor-kantor utama pemerintahan pusat dari Jakarta ke Ibu Kota Negara (IKN) baru ‘Nusantara’ ditargetkan selesai pada kuartal kedua di tahun 2024,” kata Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan pada Perayaan Dies Natalis ke-60 Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (Gamki), dikutip Minggu (22/5/2022).

Luhut meyakinkan bahwa pembangunan IKN baru di kabupaten Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara menarik minat besar dari investor mancanegara. Dia menegaskan, tidak benar jika dikatakan pembangunan IKN minim pendanaan.

Baca juga: Kendaraan Nir-Awak Bakal Jadi Tulang Punggung Transportasi Publik di IKN

Luhut bilang, investasi yang dulu hanya berpusat di Jawa dan Sumatra, kini tersebar ke berbagai daerah lain, termasuk Kalimantan.

“Saat ini pembangunan Indonesia jauh lebih merata. Banyak industri baru tumbuh di Kalimantan, seperti pembangunan industri energi baru di Kalimantan Utara, serta pembangunan Ibu Kota Negara di Kalimantan Timur,” terang dia.



“Di sinilah para pemuda, termasuk Gamki, harus memainkan perannya karena banyak sekali lapangan kerja serta program-program UMKM terbuka luas,” tandasnya.

Baca juga: Viral Foto Benny Abante, Politikus Filipina yang Wajahnya Mirip Menko Luhut Pandjaitan

Dengan begitu , ibu kota baru Nusantara diperuntukkan bagi generasi muda yang menikmatinya di masa mendatang.

Luhut pun mengungkapkan bahwa bentuknya tak akan kalah dengan pembangunan kota modern Neom di Arab Saudi, Dubai di Uni Emirat Arab, serta Shenzhen di China.
(ind)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1973 seconds (11.97#12.26)